Masalah Air Bersih di Dunia yang Kian Mengkhawatirkan

 Masalah Air Bersih di Dunia yang Kian Mengkhawatirkan

Naviri Magazine - Air adalah kebutuhan penting semua makhluk hidup, termasuk manusia. Untuk bisa bertahan hidup, manusia harus mengonsumsi air. Sayangnya, seiring kerusakan yang terus terjadi di muka bumi, keberadaan air bersih semakin langka. Karena kelangkaan pula, banyak orang di berbagai beahan dunia yang terpaksa mengonsumsi atau terkontaminasi air kotor.

Hampir dua miliar orang mengonsumsi air yang terkontaminasi tinja, membuat mereka berisiko terkena kolera, disentri, tifus, dan polio. Tiap tahun ada 1,7 juta anak meninggal karena lingkungan tidak sehat dan menyebabkan diare parah, malaria, dan radang paru-paru.

Ada 200.000 kasus kusta di seluruh dunia tiap tahunnya. Satu dari empat fasilitas layanan kesehatan di seluruh kekurangan air bersih. Setengah populasi dunia tidak dapat memperoleh layanan kesehatan yang memadai.

Klaim-klaim terbaru tersebut dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, atau World Health Organization (WHO), dalam beberapa tahun terakhir. WHO, di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), punya tugas mempromosikan pencapaian taraf kesehatan setinggi mungkin.

Tiap dua tahun sekali, mereka merilis Laporan Kesehatan Dunia sejak 1995, Survei Kesehatan Dunia, termasuk mengorganisir Hari Kesehatan Dunia yang dirayakan setiap 7 April.

Related

World's Fact 8419201914892532112

Recent

item