Ternyata, Dunia Telah Mengenal Manusia Serigala Sejak Ribuan Tahun

Ternyata, Dunia Telah Mengenal Manusia Serigala Sejak Ribuan Tahun

Naviri Magazine - Werewolf atau manusia serigala terkenal di dunia setelah muncul dalam banyak kisah fiksi dan film-film Hollywood. Dalam kisah atau film, werewolf digambarkan sebagai manusia yang bisa berubah menjadi seekor serigala, khususnya saat malam bulan purnama.

Tetapi, ternyata, sosok manusia serigala telah ada sejak ribuan tahun lalu. Bahkan, kisah mengenai makhluk yang biasa dikenal dengan nama Werewolf atau Lycan ini bisa ditemukan di catatan-catatan Yunani kuno.

Werewolf dalam literatur kuno

Herodotus, dalam buku yang berjudul Histories, pernah menulis mengenai Neuri, sebuah suku yang berdiam di timur laut Scythia (dekat Ukrainia), yang penduduknya berubah menjadi serigala setiap sembilan tahun.

Dalam mitologi Yunani kuno, raja Arcadia yang bernama Lycaon, disebut diubah menjadi serigala oleh dewa Zeus akibat mengorbankan dan memakan daging anaknya sendiri. Nama Lycaon kemudian menurunkan kata Lycanthropy, yang kita kenal sekarang.

Cendikiawan Roma, Pliny the Elder, juga pernah bercerita mengenai seorang pria yang berubah menjadi serigala, setelah memakan isi perut seorang anak kecil.

Lalu, pada tahun 60 Masehi, Gaius Petronius menulis dalam bukunya mengenai Niceros, yang menyaksikan temannya berubah menjadi serigala. Niceros bercerita:

"Ketika mencari sahabatku, aku menemukannya sedang melepas seluruh pakaian dan menaruhnya di pinggir jalan... lalu ia kencing sambil membentuk lingkaran dengan urinnya di sekeliling pakaian yang tergeletak. Tiba-tiba, ia berubah menjadi serigala. Setelah itu, ia mulai melolong dan berlari masuk ke hutan."

Walaupun lebih banyak ditemukan di Eropa, kisah mengenai werewolf juga bisa ditemukan di wilayah di luar Eropa.

Di kalangan suku Indian Amerika, makhluk serupa dikenal dengan nama Skin Walker. Di Turki disebut Turkadam, sedangkan di Amerika tengah dikenal dengan nama Nagual. Percaya atau tidak, di Eropa dan Amerika, Leak Bali dianggap sebagai werewolf-nya Indonesia.
Karakteristik werewolf

Menurut legenda, pada saat bulan purnama, seorang manusia, dalam kondisi tertentu, akan berubah menjadi serigala. Tubuhnya akan menjadi tinggi dan kuat. Matanya bersinar terang seperti hewan pada umumnya, dan alisnya yang lebat akan bertemu di tengah. Mulutnya terlihat selalu kering, seperti orang yang kehausan.

Kulitnya kasar dan ditumbuhi bulu lebat. Telinganya berubah menjadi lancip seperti anjing, dengan gelambir yang menggantung di lehernya. Bedanya dengan serigala, werewolf tidak memiliki ekor.

Salah satu metode untuk mengidentifikasi werewolf dalam rupa sebagai manusia adalah dengan melukai tubuhnya. Jika ia adalah werewolf, di bagian tubuh yang terluka akan terlihat adanya bulu seperti serigala.

Cara lainnya, menurut legenda Rusia, seorang werewolf dapat dikenali dengan adanya bulu di bawah lidahnya.

Walaupun dalam film-film Hollywood disebutkan kalau werewolf bisa dibunuh dengan peluru perak, karakteristik ini tidak bisa ditemukan di dalam legenda.

Related

World's Fact 1718813425060873063

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item