Perlu Tahu, Ini Bahaya Terlalu Merisaukan Penampilan Diri

Perlu Tahu, Ini Bahaya Terlalu Merisaukan Penampilan Diri

Naviri Magazine - Memperhatikan penampilan diri tentu penting, agar kita bisa tampil semenarik mungkin. Namun bukan berarti hidup kita hanya berkutat pada urusan penampilan semata. Ada banyak orang yang sangat memperhatikan penampilan dirinya sendiri, hingga sampai mati-matian membentuk tubuh seideal mungkin, yang salah satunya melakukan diet ketat.

Menurunkan berat badan atau diet erat kaitannya dengan meningkatkan penampilan diri. Hal tersebut mengarah pada harapan. Dengan meningkatkan penampilan diri, hubungan sosial akan lebih baik, termasuk percintaan, pekerjaan, dan kesejahteraan diri.

Pertanyaannya, apakah meningkatkan penampilan diri memiliki garis lurus dengan hubungan sosial atau karir yang juga semakin baik?

Heather Widdows, penulis buku “Perfect Me: Beauty as an Ethical Ideal” dalam Psikologi Today, menuliskan bahwa terlalu banyak mencurahkan perhatian pada penampilan dapat merusak harga diri seseorang. Ketidakpuasan dan kecemasan terhadap tubuh semakin meningkat, dan menjadi suatu masalah kesehatan masyarakat.

Ketidakpuasan terhadap tubuh menjadi kerugian yang besar. Dampaknya berupa kesejahteraan yang menurun, gangguan makan, aktivitas yang lebih rendah, perilaku berisiko, serta masalah kesehatan mental dan fisik. Orang yang belum pernah didiagnosis terkait ketidakpuasan tubuh pun akan tahu, bahwa terlalu khawatir tentang menarik tidaknya penampilan, sadar bahwa dia tidak mampu bekerja dengan baik.

Padahal penilaian tampan atau cantik oleh orang lain tidak berkorelasi dengan kebahagiaan. Meskipun kurangnya bukti konklusif, banyak anak muda masih percaya menjadi sukses berarti harus menarik. Beberapa wanita muda lebih suka kurus daripada pintar.

Related

Psychology 339387275233390266

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item