Misteri Lokasi Tambang Harta Nabi Sulaiman yang Dicari Dunia

Misteri Lokasi Tambang Harta Nabi Sulaiman yang Dicari Dunia

Naviri Magazine - Nabi Sulaiman disebut-sebut punya tambang harta. Kabar itu kali pertama disebarluaskan pada Abad ke-19 oleh penulis H. Rider Haggard dalam novel petualangannya, King Solomon’s Mines—yang terbit bertepatan dengan booming penemuan arkeologi berupa situs-situs kuno di Timur Tengah dan Afrika.

Setengah abad kemudian, rabbi sekaligus arkeolog Amerika, Nelson Glueck, mengumumkan bahwa ia telah berada di tambang Sulaiman, di Great Rift Valley, dekat perbatasan modern antara Israel dan Yordania.

Namun, tambang-tambang tersebut tak dipenuhi emas, melainkan bijih tembaga—yang menurut Glueck adalah sumber kekayaan Sulaiman.

Karena Glueck tak mampu mengaitkan bukti arkeologis itu dengan apa yang tertera pada kitab suci, para sejarawan modern mengabaikan temuannya.

Apalagi, ada bukti bahwa bangsa Mesir Kuno yang mengoperasikan tambang di wilayah tersebut pada Abad ke-13—yang didukung penemuan sebuah kuil kuno di sana pada 1969.

Namun, seperti dikutip dari situs History, pada 2008 para peneliti menemukan situs tambang di Yordania, Khirbat en-Nahas—yang berdasarkan bukti arkeologi dioperasikan selama abad ke-10 Sebelum Masehi.

Pada tahun berikutnya, ekskavasi lain mengidentifikasi sebuah situs tambang tembaga di Timna Valley, Israel—yang disebut Site 30—dibangun pada waktu bersamaan dengan yang ada di Yordania.

Dr. Erez Ben-Yousef, arkeolog dari Tel Aviv University—yang pernah membantu temuan Site 30—memimpin ekskavasi di Slaves’ Hill atau Bukit Para Budak. Artefak yang ditemukan di sana ternyata tak berciri Mesir Kuno.

Apapun, hingga kini tambang yang dibayangkan penuh harta benda belum ditemukan.

Related

Mistery 3832766472791572579

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item