Misteri-misteri di Internet yang Masih Membingungkan Dunia

  Misteri-misteri di Internet yang Masih Membingungkan Dunia

Naviri Magazine - Internet telah merevolusi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Mulai dari cara orang menjalankan bisnis, sampai cara orang menghabiskan waktu saat bersantai. Mengirim surat, membaca berita, membayar tagihan, berbelanja, melakukan pembelajaran, atau memesan kamar hotel, hampir semuanya bisa dilakukan dengan internet.

Saat ini, bisa dibilang semua orang telah mengenal internet. Namun, benarkah kita telah mengenal internet? Ternyata, ada banyak hal di internet yang masih belum kita ketahui, bahkan selama ini hanya dikenal sebagai hal-hal misterius. Berikut ini di antaranya.

The Markovian Parallax Denigrate 

Tragedi ini terjadi pada tahun 1996, saat hanya orang-orang tertentu yang punya akses ke internet.

Markovian Paralax Denigrate sebenarnya pesan spam. Pada zaman itu, ada sebuah fasilitas bernama Usenet. Usenet mirip forum diskusi atau mailing list. Pesan misterius itu dikirimkan pada seluruh pengguna Usenet pada masa itu.

Tapi spam yang ini tidak bisa diabaikan begitu saja, karena si spammer tidak mempromosikan sesuatu, hanya mengirim kata-kata acak yang tak ada artinya. Isi pesannya adalah sebagai berikut:

“jitterbugging McKinley Abe break Newtonian inferring caw update Cohen air collaborate rue sportswriting rococo invocate tousle shadflower Debby Stirling pathogenesis escritoire adventitious novo ITT most chairperson Dwight Hertzog different pinpoint dunk McKinley pendant firelight Uranus episodic medicine ditty craggy flogging variac brotherhood Webb impromptu file countenance inheritance cohesion refrigerate morphine napkin inland Janeiro nameable yearbook hark”

Sampai saat ini, tidak ada yang tahu siapa pengirimnya, dan apa maksud pesannya. Teori konspirasi pun bermunculan. Ada yang bilang, pesan itu mungkin mengandung kata kunci laminating, terrorisme, 9/11, bahkan ada yang bilang bahwa pesan tersebut adalah rahasia negara yang dikodekan.

Webdriver Torso 

Sebuah akun YouTube, bernama Webdriver Torso, meng-upload video-video yang hanya berupa gambar biru merah dengan background putih. Video pertamanya di-upload pada 23 September 2013.

Semua video itu tak ada satu pun yang jelas, isinya cuma gambar biru merah dan suara tulit tulit. Dan video-video tidak jelas itu di-upload setiap beberapa menit sekali!

John Titor 

Bermula di era tahun 2000-an di sebuah forum internet, muncul seseorang bernama John Titor. Ia mengaku datang dari tahun 2036.

John Titor mengaku sebagai pasukan Amerika, dan punya misi kembali ke tahun 1975 untuk mengambil komputer IBM 5100 yang katanya mempunyai kode khusus (kode UNIX) yang konon bisa memperbaiki sistem komputer di tahun 2036 (menurutnya, tahun 2036 nanti sistem UNIX bakal crash). Tapi karena John Titor adalah traveler sejati, dia memutuskan untuk mampir sebentar di tahun 2000.

Sampai saat ini, banyak spekulasi yang beredar tentang identitas asli Titor. Sampai sekarang misteri identitas dirinya masih gelap.

Bitcoin 

Bitcoin ini adalah mata uang internet yang saat ini sudah diterima banyak lembaga sebagai alat pembayaran yang sah. Bentuknya cuma kode, dan seperti uang dollar, Bitcoin juga punya kurs atau nilai tukar.

Bitcoin mulai diperkenalkan pada 2007-2008. Yang memperkenalkan pertama kali adalah seseorang bernama Satoshi Nakamoto.

Sampai detik ini, tak ada seorang pun yang tahu apakah Satoshi itu laki-laki atau perempuan, orang Jepang atau orang barat, tak ada yang pernah ketemu! Selama ini, Satosi berkomunikasi cuma lewat e-mail gan.

Nama Satoshi Nakamoto pun juga nama samaran. Tidak ada yang tahu Satoshi itu sebenarnya "apa" atau "siapa". Karena di setiap emailnya, dia selalu menggunakan kata ganti "we" atau "kita" untuk menyebutkan dirinya. Yang bikin tambah misterius, Satoshi sekarang menghilang setelah sukses memperkenalkan mata uang bitcoin, dan tak ada jejaknya sama sekali.

A858DE45F56D9BC9

A858DE45F56D9BC9 adalah seorang user di forum diskusi bernama Reddit. Beberapa tahun lalu, dia menulis postingan aneh di subforum tersebut. Tulisannya tidak bisa diartikan sama sekali.

Isinya seperti ini:

e3c22f36569f3bd7dee7abe4d48f83ae d6371618ccbf3ae50cb621edece7c7e2 21a1defcad1cdfffa04a3eacd397aad3
f8fe94dd5dace6f68957cbc121c9bc76 1ea0eba8f4adfd403135be5ab98fd8f2 eae5bb46acd55704d5fb0d63e44c15a3
1f7fd3b23d7b464a3dbff36d6470c328 d223f06fa5d8c94bc83f563445600c1 99913b792c3923910042e343798da98c

Semua postingan darinya berupa kombinasi huruf dan angka seperti itu, yang disebut enkripsi.

Teori konspirasi pun bermunculan. Ada yang bilang bahwa itu adalah kode yang ditujukan untuk kelompok hacker tertentu, ada yang bilang kode ini mengandung informasi rahasia, ada juga yang yakin kalau ini cuma kerjaan orang iseng yang dari awal memang tak ada artinya.

Cicada 3301 

Cicada 3301 adalah teka-teki yang sampai sekarang masih bikin pusing orang banyak! Dimulai pada awal tahun 2012, seseorang menemukan gambar aneh yang disertai tantangan kepada siapa pun untuk memecahkan kode pada gambar tersebut.

Kata si Cicada, "We are looking for highly intelligent individuals".

Mengapa dia mencari highly intelligent individuals? Siapa yang mencari? Untuk keperluan apa?

Setelah sebuah kode terpecahkan, Cicada akan memasang pemberitahuan, kemudian memunculkan teka teki baru. Tapi, siapakah di balik Cicada? Tidak ada yang tahu. Bahkan orang yang berhasil memecahkan kodenya pun tidak tahu siapa dia.

Deep Web 

Deep web adalah konten yang tidak muncul di hasil pencarian Google atau lainnya, karena konten yang ada di deep web dibentengi sebuah dinding keamanan, sehingga Google pun tidak berani menembusnya.

Isinya apa? Banyak, ada forum diskusi kelompok teroris, sindikat pembunuh bayaran, forum aneh, perdagangan senjata, pokoknya ngumpul semua di situ.

Cara mengaksesnya pun tidak bisa sembarangan, kita harus memakai browser khusus untuk melihat lihat gelapnya deep web. Ibarat samudra, semakin dalam menelusuri deep web, semakin berbahaya isinya.

The Mariana Trench 

Mariana Trench alias Palung Mariana adalah titik terdalam di bumi yang diketahui manusia sampai saat ini. Saking dalamnya, kita tidak tahu persis makhluk apa saja yang ada di sana.

Internet juga punya Palung Mariana. Kalau deep web saja mengerikan, Palung Mariana berada di level yang jauh lebih dalam, dan isinya juga tidak diketahui, saking gelapnya. Karena kegelapannya itulah, tempat ini dinamakan seperti tempat terdalam di bumi: Palung Mariana.

Konon, rahasia-rahasia tergelap di bumi ini semuanya tersimpan rapi di sana. Tapi tak semua orang bisa mengaksesnya, apalagi kalangan umum. Meski begitu, level terdalam di internet ini diyakini hanya teori.

Related

Mistery 5220175334971377224

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item