Peneliti Temukan Teknologi Baterai HP yang Bisa Tahan 27 Jam

Peneliti Temukan Teknologi Baterai HP yang Bisa Tahan 27 Jam

Naviri Magazine - Mungkin hampir semua pengguna smartphone memiliki masalah yang sama, yaitu borosnya baterai atau cepat habisnya baterai. Hal ini disebabkan banyak faktor, seperti banyaknya aplikasi yang berjalan, sampai koneksi internet.

Pada umumnya, baterai smartphone memiliki kapasitas sebesar 1500mAh hingga 2500mAh, atau kadar penggunaannya tidak lebih dari sehari. Hal ini membuat penggunaan powerbank dilihat sebagai alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Meskipun powerbank menjadi solusi yang ampuh mengatasi keterbatasan energi pada baterai, ternyata tidak membuat para peneliti kehabisan akal untuk menemukan sesuatu yang baru dan mampu memperpanjang usia baterai.

Sebuah teknologi baru ditemukan oleh peneliti dari University of Vanderbilt untuk menjadikan baterai lebih tahan lama, yaitu menggunakan silikon.

Silikon, yang lebih dikenal penggunaannya dalam dunia medis, khususnya dalam operasi plastik, ternyata termasuk bahan penghantar arus listrik yang baik, sehingga dapat digunakan menjadi bahan baku pembuatan baterai pada smartphone.

Penelitian yang dipimpin Professor Cary Pint ini mengabungkan silikon dan karbon. Campuran kedua bahan tersebut diyakini mampu menyimpan tenaga sembilan kali lebih besar dibanding bateri lithium-ion yang sekarang digunakan.

Campuran karbon dan silikon diyakini mampu menyimpan energi pada baterai selama 27 jam. Berbeda dengan baterai lithium-ion, teknologi silikon dapat mengekstrak tenaga lebih cepat dibandingkan baterai biasa.

Related

Technology 4160057654147544355

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item