Ini Penyebab Banyak Orang Kecanduan Media Sosial di Internet

Ini Penyebab Banyak Orang Kecanduan Media Sosial di Internet

Naviri Magazine - Siapa pun yang kenal internet hampir bisa dipastikan juga mengenal media sosial. Bukan hanya mengenal, mereka juga kemungkinan besar aktif menggunakannya untuk berbagai keperluan. Ada beragam media sosial di internet, dari Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain.

Dilansir Statista, penggunaan media sosial terus meningkat tiap tahun. Pada 2012, rata-rata pengguna hanya menghabiskan 90 menit untuk bermain media sosial. Lima tahun berlalu, waktu menggunakan media sosial bertambah 45 menit, menjadi 135 menit tiap hari.

Facebook menjadi yang paling banyak dipakai masyarakat dunia. Media sosial yang bermula dari kamar asrama Harvard University itu, kini memiliki 2,3 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Aja Romano, dalam tulisan berjudul “How Facebook made it impossible to delete Facebook,” menyebut bahwa setidaknya ada tiga alasan yang membuat banyak orang sukar meninggalkan Facebook, dan mengeluh jika layanan tersebut tak bisa diakses.

Pertama, Facebook, melalui application programming interface (API), membuat data-data pengguna yang ada dalam genggamannya, dapat digunakan untuk turut mengakses layanan internet lain atau third party apps.

Dalam berbagai layanan internet, seperti Spotify atau Tinder, misalnya, pengguna lazim mengakses layanan itu dengan fitur “Log In With Facebook.” Dalam tulisannya, Romano menyebut bahwa 50 juta pengguna Tinder menggunakan layanan kencan tersebut menggunakan Facebook. Akibatnya, jika Facebook ditinggalkan, mereka akan kehilangan Tinder, atau layanan-layanan internet lain yang dihubungkan dengan Facebook.

Kedua, di era media sosial ini, Facebook merupakan kewajiban, yang diperlukan untuk pekerjaan hingga citra diri atau self-promote. Perusahaan-perusahaan sering meminta akun Facebook calon karyawannya untuk dilakukan screening. Atau, akun Facebook sering digunakan penggunanya untuk mempromosikan apa yang telah dikerjakan. Hal tersebut membuat Facebook jadi kebutuhan banyak orang.

Ketiga, Facebook menghubungkan “sangat banyak orang.” Dengan 2,3 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, saudara, teman, hingga rekan bisnis, sangat mungkin jadi penggunanya. Jika seseorang berhenti menggunakan Facebook, maka ada potensi kehilangan kontak maya dengan orang-orang terdekat.

Selain tiga alasan itu, candu masyarakat atas media sosial disebabkan karena media sosial memang dirancang untuk membuat penggunanya kecanduan, terutama melalui fitur notifikasi. Fitur notifikasi pertama kali muncul pada 2003 pada smartphone buatan Research In Motion (RIM) atau BlackBerry.

Pada perangkat BlackBerry, fitur notifikasi dalam aplikasi email. Sistem notifikasi pada BlackBerry memungkinkan pengguna tak perlu sering-sering masuk ke inbox email. Pengguna hanya perlu melihat notifikasi yang muncul, apakah layak untuk ditindaklanjuti atau sebaliknya.

Kini, fitur tersebut hadir di berbagai aplikasi, tak terkecuali aplikasi media sosial. Vox, dalam laporan “It’s not you. Phones are designed to be addicting”, mengatakan bahwa notifikasi yang dikemas dengan tanda bulat merah berupa angka yang terletak di pojok kiri logo sebuah aplikasi, sebagai cara agar pengguna kecanduan atau penasaran.

Abhinav Mehrotra, dari University of Birmingham dalam jurnal berjudul “My Phone and Me: Understanding People’s Receptivity to Mobile Notifications”, menyatakan bahwa notifikasi memantik pengguna untuk memeriksa notifikasi.

Dalam jurnal itu, Mehrotra menyebutkan 41,94 persen dari 20 responden menyatakan mereka “terbangun” atas notifikasi berbentuk audio. Pada keadaan ponsel diam (silent mode), notifikasi “membangunkan” 25,54 persen pengguna. Sementara itu, dalam mode bergetar (vibrate) dan bergetar dan bersuara (vibrate and sound), ada 21,50 persen dan 11,03 persen pemilik akhirnya memeriksa notifikasi.

Related

Lifestyle 7693766595933666927

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item