Protes Jalan Berlubang, Pria Ini Menaruh Buaya Raksasa di Tengah Jalan

 Protes Jalan Berlubang, Pria Ini Menaruh Buaya Raksasa di Tengah Jalan

Naviri Magazine - Aksi protes jalan rusak kerap terjadi di Indonesia. Beragam cara ditempuh, mulai dari menanam pohon hingga memelihara ikan di lubang jalan. Tapi di India, cara lebih ekstrem dilakoni Baadal Nanjundaswamy untuk memprotes kerusakan jalan. Dia menaruh seekor buaya raksasa di kubangan air di tengah jalan.

Lakon seniman lukis berambut gondrong itu pun menuai hasil. Aksi tersebut mendapat perhatian pemerintah setempat.

Eit, tunggu dulu, ternyata itu bukan buaya raksasa sesungguhnya, melainkan boneka yang dibuat dengan biaya 60 euro atau sekitar Rp900 ribu.

Dia menaruh reptil sepanjang 12 kaki tersebut di lubang jalan. Aksi tersebut dilakukan, setelah mendapati kubangan air dari pipa mengganggu pengendara di wilayah Sultanpalya, Bangalore, India.

Meski Baadal dan warga lainnya sudah melancarkan protes, pemerintah tidak melakukan apa-apa terhadap kerusakan jalan tersebut. Tapi, ketika Baadal menaruh replika buaya raksasa tersebut, pemerintah langsung bergerak.

Keesokan harinya, jalan tersebut sudah diperbaiki. Sejatinya, Baadal melakukan hal serupa tahun lalu. Saat itu, dia menggambar mulut dewa kematian, Yama, di lubang jalan untuk memberi peringatan kepada pejalan kaki.

"Tahun lalu, hal itu menarik perhatian pemerintah setempat. Lubang tersebut langsung ditutup keesokan harinya," ujar Baadal.

"Setiap orang memiliki potensi untuk mengekspresikan diri dengan caranya sendiri. Ini adalah cara saya untuk menyampaikan keluhan," terang Baadal.

Related

World's Fact 8739747598163705473

Recent

item