Inilah Proyek NASA Dalam Upaya Mempelajari Alam Semesta

Inilah Proyek NASA Dalam Upaya Mempelajari Alam Semesta

Tanggal peluncuran: Oktober 2018
Anggaran: USD 9 miliar

Naviri Magazine - The James Webb Space Telescope (JWST) adalah sebagai pengganti Teleskop Hubble yang akan “dipensiunkan” setelah mengabdi untuk ilmu pengetahuan selama 27 tahun.

JWST merupakan teleskop inframerah terbesar dengan cermin utama berukuran 6,5 meter. Teleskop tersebut diluncurkan dari Guyana Prancis, dengan menggunakan roket Ariane 5 sebagai pendorong.

JWST akan menjadi observatorium utama selama 30 tahun ke depan untuk melayani ribuan astronom dari seluruh dunia. Fasilitas JWST akan membantu para ilmuwan dalam meneliti setiap fase dalam sejarah alam semesta, mulai dari sejarah terjadinya Big Bang, hingga proses pembentukan sistem tata surya, dan pengaruhnya terhadap kehidupan di Bumi.

JWST adalah kolaborasi internasional antara NASA, European Space Agency (ESA), dan Canadian Space Agency (CSA).

Adapun struktur kerjanya adalah sebagai berikut: NASA Goddard Space Flight Center dipercaya untuk melakukan penelitian dan pengembangan teknologi JWST. Northrop Grumman Corporation bertugas membangun konstruksi JWST, sedangkan The Space Telescope Science Institute mengambil alih dan mengoperasikan JWST setelah diluncurkan.

Related

Science 6415737531346620132

Recent

item