Punya Tampang Aneh, Ternyata Mobil Ini Harganya Rp 85,7 Miliar

 Punya Tampang Aneh, Ternyata Mobil Ini Harganya Rp 85,7 Miliar

Naviri Magazine - Pada musim semi tahun 1956 silam, Harley Earl yang merupakan pencipta model Corvette membangun sebuah sportcar bernama SR-2 yang digunakan khusus untuk balap mobil oleh anaknya, Jerome C. Carl.

Dikatakan, Harley Earl dan Zora Duntov ingin menciptakan sebuah mobil yang dapat bersaing dengan Ferrari, Jaguar, maupun Porsche, di lintasan balap.

Harley pun membangun SR-2 dengan basis dari Corvette. Produksi pertama SR-2 ini dilakukan Harley di General Motors Styling Studio di Warren, Michigan, untuk modifikasi tampilan maupun performa mesin.

Melansir laman Carscoops, Harley membangun SR-2 hanya sebanyak tiga unit saja. Selain untuk Jerry, dua unit SR-2 ciptaan Harley ditujukan untuk asistennya, yakni Bill Mitchell, dan Presiden GM, Harlow Curtice.

SR-2 hadir dengan tampilan yang sedikit berbeda, dan menggunakan kaca jendela khusus yang terpisah untuk pengemudi dan penumpang. Bak mobil F1, SR-2 juga menggunakan sirip yang berada tepat di belakang pengemudi.

Tak hanya mengalami perubahan desain, tampang buritan pun turut berubah dengan lampu parkir yang unik. Karena ditujukan sebagai mobil balap, lampu utama pada SR-2 dinonaktifkan.

Corvette SR-2 melakoni debut balapnya pada 23 sampai 24 Juni 1956. Setelah digunakan untuk balap, SR-2 kembali dioprek pada bagian dapur pacu, dengan menggunakan mesin berkapasitas 5,4 liter yang telah menggunakan sistem injeksi, serta menggunakan material baru untuk bodi.

Modifikasi yang selesai pada tahun 1957 ini turut membuat bobot SR-2 berkurang sebesar 136 kilogram. Setelah sekian lama tidak turun balap, supercar klasik ini dilelang di Scottsdale Sport and Classic Autocars.

Pihak penyelenggara lelang membuka harga Corvette SR-2 di angka 5,65 juta Euro atau sekitar Rp 85,7 miliar.

Related

World's Fact 4763396187700366927

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item