Ini 6 Serangan Teroris yang Terjadi Sebelum Peristiwa Peledakan WTC

Ini 6 Serangan Teroris yang Terjadi Sebelum Peristiwa Peledakan WTC

Naviri Magazine - 11 September 2001 adalah hari menyedihkan dalam sejarah dunia. Waktu itu, World Trade Center yang menjadi salah satu ikon New York hancur karena serangan teroris. Nama Al-Qaeda mencuat, dan dituduh sebagai dalang serangan itu, walaupun banyak pihak yang akhirnya meragukan. 9/11 masih menjadi kontroversi, dengan segala tuduhan dan keterlibatan berbagai pihak di dalamnya.

Namun, jauh sebelum 9/11, serangan teroris bukan hal langka. Beberapa serangan terjadi di berbagai penjuru dunia, dengan motif yang variatif. Berikut tujuh serangan teroris yang menghebohkan dunia sebelum 9/11 terjadi:

Ma'alot Massacre (1973)

15 Mei 1973 dianggap sebagai salah satu hari paling gelap dalam sejarah Israel. Serangan itu terhitung besar, karena invasi yang terjadi membuat Israel menjadi satu-satunya tempat berkumpulnya umat Yahudi.

Liberation of Palestine dikabarkan menjadi pihak yang bertanggung jawab atas serangan yang menghasilkan cukup banyak korban itu. Pelaku penyerangan menculik lebih dari 100 remaja yang masih duduk di bangku sekolah, 68 menderita luka-luka, dan sisanya meninggal dunia.

TWA Flight 841 (1974)

Para penumpang penerbangan dari Yunani menuju New York, pada 8 September 1974, mengalami hal yang nahas. Pesawat tersebut tidak pernah mencapai tujuan, dan perkiraan awal adalah karena kecerobohan sang pilot yang mengakibatkan kecelakaan.

Namun, penelusuran dan investigasi menemukan bahwa pesawat tersebut dibajak dan diledakkan dengan bom. Pihak yang diduga bertanggung jawab dalam serangan yang menewaskan 80 orang penumpang ini adalah organisasi milik Abu Nadil.

Chechnya Border Attacks (2001)

Chechnya memiliki sejarah panjang dengan peperangan. Salah satu yang menyedihkan adalah penyerangan di lokasi yang menjadi perbatasan antara Rusia dan negara Eropa lainnya. Terjadi pada 24 Maret 2001, Rusia saat itu sedang dalam genggaman teroris, dan diserang bom yang ada dalam tiga mobil.

Ketegangan di beberapa negara Eropa lainnya ikut naik akibat adanya serangan ini. Bom-bom tersebut mengakibatkan korban jiwa hingga 20 orang, dengan 100 korban luka ringan dan berat.

WTC Bombing (1993)

Mungkin banyak yang tidak memperhatikan bahwa serangan 9/11 bukan satu-satunya usaha teroris untuk menghancurkan World Trade Center. Pada 26 Februari 1993, sekelompok teroris memarkir truk penuh bom, di basement North Tower, New York City.

Mereka gagal meluluhlantakkan WTC secara keseluruhan, namun menimbulkan dampak yang cukup serius di sekitar lokasi. Buruknya, sang pelaku, Ramsy Yousef, berjanji bahwa ia akan menghancurkan kedua gedung pencakar langit WTC ketika mendapat kesempatan.

Wall Street Attack (1920)

Financial sector di New York ini dikejutkan serangan bom yang terjadi pada 16 September 1920. Tidak diketahui tersangka di balik pemboman ini, namun banyak yang menebak bahwa para pengikut Louis Galleani yang dikenal dengan nama Galleanist adalah pelakunya.

Disebut sebagai serangan teroris pertama dan terburuk dalam sejarah, Wall Street Attack menimbulkan 38 korban jiwa, dengan korban luka-luka lebih dari 140 orang.

Oklahoma City bombing (1995)

Amerika dan terorisme, entah apa sebabnya, memiliki hubungan yang cukup rumit. Berbagai serangan terjadi dengan skema yang sama, namun dengan tokoh yang berbeda di baliknya, terlepas adanya tuduhan keterlibatan agama tertentu di balik serangan-serangan yang terjadi.

Alfred P. Murrah Federal Building menjadi korban pada 19 April 1995, ketika teroris melepaskan bom di sebuah truk yang mengakibatkan setengah dari bangunan tersebut hancur. Sekitar 168 korban jiwa berjatuhan, termasuk 19 anak-anak di bawah usia 6 tahun.

Pelaku serangan terorisme ini adalah Timothy McVeigh, yang akhirnya dihukum mati setelah mendekam di penjara selama enam tahun.

Related

World's Fact 3961409699104003611

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item