Soal Ujian Anak Kelas Satu SD yang Bikin Pusing Para Mahasiswa

Soal Ujian Anak Kelas Satu SD yang Bikin Pusing Para Mahasiswa

Naviri Magazine - Sebuah soal dari tes ujian masuk sekolah dasar (SD) di Hong Kong, mendadak populer di internet dan media sosial. Soal ini dirancang dan diujikan untuk anak-anak usia 6 tahun, untuk melihat apakah mereka sudah siap masuk SD.

Soal ini berupa rangkaian nomor tertentu yang disusun sejajar: 16, 06, 68, 88, (?), 98. Yang ditanyakan, berapa nomor yang ada di bagian berisi tanda tanya? Dalam praktiknya, bocah-bocah 6 tahun mampu menyelesaikan soal ini dengan waktu tak lebih dari 20 detik.

Nah, bisakah kamu menyelesaikannya? Di sinilah menariknya. Banyak netizen mengeluh soal ini terlalu sukar, dan tak percaya bahwa ini diujikan untuk anak-anak SD. Tapi, netizen tak tahu, bahwa bila soal ini dipikir terlalu serius, maka akan sulit menjawabnya.

Sejumlah netizen, mulai dari mahasiswa sampai pekerja kantoran, merasa jengkel tak bisa menjawab soal ini. Apalagi mengetahui kalau soal ini buat anak-anak SD. Sebaliknya, bagi anak-anak usia 6 tahun yang masih lugu dan berpikir sederhana, soal ini bisa dijawab dengan mudah.

Ya, betul! Tinggal membalik saja soal ini. Maka, akan terlihat bahwa nomor-nomor itu sebenarnya urut! Nomor-nomor itu adalah lot parkir mobil, yang sengaja dibalik. Ketika dibalik, kita mudah saja mengisi nomor yang hilang, karena nomor itu sebenarnya urut mulai dari 86 sampai 91. Mudah, kan?

Related

World's Fact 359526141173286687

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item