Ternyata, di Dunia Ini Ada Dimensi Lain yang Belum Kita Pahami

Ternyata, di Dunia Ini Ada Dimensi Lain yang Belum Kita Pahami

Naviri Magazine - Coba bayangkan sejenak. Jika kita adalah karakter sebuah video game dari platform 2 dimensi yang tiba-tiba berkeliaran dalam video game 3 dimensi, cara pandang kita akan tetap 2 dimensi. Saat bergerak, kita akan menemukan distorsi (penyimpangan), dan kita menjadi "terbalik" ketika dunia 3 dimensi dilipat lagi menjadi bidang 2 dimensi.

Seperti itulah deskripsi sederhana untuk menjelaskan penelitian tentang keberadaan dimensi keempat.

Tim riset Amerika Serikat dan Eropa menemukan tanda keberadaan dimensi keempat

Memang sulit membayangkan seperti apa dimensi keempat itu, karena kita hidup dalam realitas 3 dimensi. Tapi itu tidak menghentikan para fisikawan untuk mencarinya.

Makalah penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature telah mengeksplorasi kemungkinan dimensi keempat yang sangat sulit dimengerti ini. Ada dua tim ilmuwan yang mempelajari hal ini, dari Eropa dan Amerika Serikat.

"Secara fisik, kita memang tidak memiliki sistem ruang 4D, tapi kita bisa mengaksesnya dengan kuantum Square 4D pada sistem dimensi rendah ini, karena sistem dimensi yang lebih tinggi terkunci dalam kompleksitas struktur," ucap seorang peneliti dari Amerika Serikat, kepada Gizmodo.

Dalam eksperimen tim AS, para ilmuwan mempelajari perilaku partikel cahaya yang bergerak melalui gelas khusus, yang memantulkan cahaya bolak-balik di antara tepinya.

Percobaan tim AS itu menggunakan laser untuk mengendalikan cahaya saat mengalir melalui satu blok kaca, artinya mereka memanipulasi cahaya untuk mensimulasikan efek medan listrik pada partikel bermuatan.

Dari situ, sebuah "penyimpangan" (distortion) yang hanya bisa dimungkinkan terjadi jika dimensi keempat bekerja, seperti dalam efek kuantum Hall 4D, dapat diamati.

Dimensi keempat dapat dideteksi secara fisika

Sedangkan percobaan tim riset Eropa menggunakan atom yang dipasang pada grid yang terbuat dari laser, dan mereka menggunakannya untuk menguji aliran muatan listrik sambil memantau bagaimana reaksi atom.

Mereka mengatur atom yang didinginkan mendekati nol mutlak (super dingin) dan ditempatkan di celah bidang 2 demensi melalui pengguna laser, yang digambarkan mirip "kristal cahaya seperti kardus telur".

Dengan penambahan laser ekstra, tim eksperimen mampu menerapkan "pompa muatan" kuantum, untuk merangsang atom yang terperangkap, dan membuat mereka bergerak.

Sedikit variasi dalam gerakan yang terlihat oleh para peneliti sesuai dengan bagaimana efek kuantum Hall 4D bergejolak—menambahkan bobot untuk kemungkinan dimensi spasial keempat dapat diakses dengan baik.

Dimensi spasial keempat (4D) dapat mencapai batas-batas, yaitu atas ke bawah, kiri dan kanan, ke depan dan ke belakang

Kedua percobaan tersebut menunjukkan hasil yang menegaskan bahwa dimensi keempat benar-benar ada di sekitar kita. Dengan kata lain, seperti objek 3D menghasilkan bayangan 2D, para ilmuwan telah berhasil mengamati bayangan 3D yang hadir dari potensi objek 4D.

Yang dicari studi tersebut adalah efek dimensi spasial keempat yang dapat dideteksi secara fisika, dan boleh jadi merupakan awal perjalanan sains selanjutnya untuk menuju kepada gambaran 4D yang lebih lengkap.

Jadi, kita harus bersabar dulu, karena tidak bisa melakukan perjalanan ke ruang dimensi keempat—setidaknya kita sudah bisa menyadari tentang keberadaannya dalam realitas alam semesta yang ternyata lebih dari yang kita kira.

Related

Mistery 2076175607809679090

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item