Usia Sudah 73 Tahun, tapi Kakek Ini Masih Semangat Kuliah

Usia Sudah 73 Tahun, tapi Kakek Ini Masih Semangat Kuliah

Naviri Magazine - Zou Weimin mengikuti tes masuk perguruan tinggi di Provinsi Zheijiang, China. Ujian ini ditujukan bagi mereka yang ingin lanjut studi strata dua di kampus tersebut. Seperti dilansir shanghaiist.com, Zou jadi peserta ujian tertua. Saingannya yang lain mayoritas seusia cucunya.

Menempuh pendidikan setinggi-tingginya adalah cita-cita kakek 73 tahun itu sejak muda. Sayang, impiannya kandas pada 1960. Ayahnya meninggal, sehingga Zou terpaksa jadi tulang punggung keluarga. Padahal, di tahun yang sama, dia sudah diterima di jurusan teknik lingkungan oleh Universitas Hangzhou.

Pada 1977, pemerintah mempersilakan mahasiswa drop out mendaftar lagi. Lagi-lagi Zou sial, China membatasi usia pelamar. Karena dia sudah lebih dari 30 tahun, kampus melarangnya ikut program tersebut.

Sabar menunggu dan terus menabung agar bisa kuliah, Zou akhirnya dapat kesempatan pada 2001. Ujian Gaokao (semacam SNMPTN di China) tak lagi membatasi umur peserta

Usianya sudah 59 tahun. Tetangga menertawakan pegawai pabrik itu, untuk apa kuliah ketika sudah bangkotan. Zou tidak peduli. Pada ujian 2001, dia tidak lolos tes masuk.

Zou mencoba terus, sampai akhirnya diterima kembali di jurusan teknik lingkungan Universitas Jiaxing pada 2008. Kakek dengan empat cucu ini pun meraih gelar sarjana. Kini, dia berhasrat lanjut studi S2 bidang fisika, atau yang masih selaras dengan ilmu teknik.

"Saya optimis bisa diterima dalam tes tahun ini," kata Zou.

Related

World's Fact 9149154012926327951

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item