Wanita Ini Keliling Dunia, Demi Mendatangi Semua Temannya di Facebook

Wanita Ini Keliling Dunia, Demi Mendatangi Semua Temannya di Facebook

Naviri Magazine - Fotografer Tanja Alexia Hollander memiliki 678 teman di situs jejaring sosial Facebook. Namun Hollander tidak mengenal dekat mayoritas teman-temannya itu. Bahkan banyak dari mereka yang belum dia jumpai secara pribadi. Hanya sekadar menyapa di Facebook.

Hingga pada tahun baru, semuanya berubah. Ketika itu, Hollander tengah berbincang dengan temannya di Jakarta melalui Facebook. Pada saat yang bersamaan, ia menuliskan surat untuk teman yang bertugas di Afganistan.

"Kala itu saya berpikir tentang adanya dunia online dan offline. Saya pun terpikir untuk membuat proyek foto dari kedua dunia itu," ungkap Hollander, dikutip dari Mail Online.

Pada bulan Februari 2011, Hollander pun memulai proyek "Are You Really My Friend?". Ia mulai mendatangi 626 teman di Facebook yang tidak dikenal Hollander secara pribadi, atau hanya dikenal melalui Facebook saja.

"Berbekal kamera, saya datangi rumah mereka, dan memotret anggota keluarganya," ujar Hollander.

Proyek "Are You Really My Friend?" ia jalani selama dua tahun. Dan sepanjang itu, ia telah mengunjungi 300 teman Facebook-nya. Hasilnya, ia mendatangi puluhan negara bagian di Amerika Serikat serta beberapa negara asing.

"Saya pergi menggunakan kereta api, truk, kapal, kereta bawah tanah, pesawat, kereta api komuter, bus, mobil, bahkan berjalan kaki."

Dalam perjalanan, Hollander menemukan banyak orang yang mau membuka kehidupannya. Bahkan mereka menawarkan tempat menginap serta berbagi makanan dengan Hollander.

"Orang yang awalnya hanya teman di Facebook ternyata bisa menjadi sahabat," kata Hollander.

Related

World's Fact 3691698659284788291

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item