Berolah Raga Dalam Air Ternyata Memberi Banyak Manfaat

Berolah Raga Dalam Air Ternyata Memberi Banyak Manfaat

Naviri Magazine - Kita tahu bahwa air sangat bermanfaat dalam rehabilitasi dan mencapai kebugaran tubuh. Namun, mungkin belum banyak yang paham mengapa dan bagaimana olahraga air bisa merehabilitasi dan menjadikan tubuh bugar. Selain itu, juga bisa menurunkan kolesterol dan berat badan.

Dari sudut pandang kesehatan, air merupakan media sangat baik untuk melakukan terapi penyembuhan cedera - baik ringan maupun berat - ataupun bekas operasi. Juga untuk penyembuhan cedera akibat olahraga kesehatan dan kompetitif, atau gara-gara tugas yang berkaitan dengan pekerjaan. Selain itu, air juga menjadi media baik untuk cross training dalam pencegahan suatu penyakit.

Karena itu, untuk tujuan rehabilitasi dan kebugaran, manfaat olahraga di dalam air lebih banyak ketimbang olahraga di darat. Selain itu, latihan dalam air aman untuk mengembalikan kelemahan otot, memulihkan pembengkakan sendi atau anggota gerak, meningkatkan daya tahan pada umumnya.

Ketika masuk ke dalam air, badan dapat bergerak lebih bebas dan lebih mudah daripada di darat. Ini dimungkinkan oleh adanya daya apung, yakni tekanan ke atas oleh air tempat badan kita masuk.

Daya apung ini berlawanan dengan daya tarik Bumi. Karena daya apung pula, makin dalam seseorang berada di dalam air, makin besar penurunan tekanan serta kekuatan tekanan bobot badan pada semua sendi dan pada lempeng antar-ruas tulang belakang.

Di dalam air, badan juga menerima tekanan sama dari air. Tekanan itu bermanfaat untuk mengatasi pembengkakan persendiaan dan masalah peredaran darah. Ini disebabkan adanya tekanan di sekeliling sendi dan dipaksa ke atas ke arah jantung.

Untuk rehabilitasi

Pada terapi yang aman dan efektif, air pun memberi manfaat. Banyak pasien yang tak mampu melakukan rehabilitasi di klinik-klinik konvensional, ternyata dapat mengikuti program latihan dalam air dan berhasil.

Related

Sports 2091367872077010670

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item