Little Boy, Kisah Seorang Bocah yang Ingin Memindahkan Gunung

Little Boy, Kisah Seorang Bocah yang Ingin Memindahkan Gunung

Naviri Magazine - “Apa kau yakin bisa melakukannya?” Pertanyaan ini sering muncul saat kita menghadapi tantangan berat, dan beberapa hal yang mustahil dilakukan. Namun jawaban “Ya” dengan tegas diucapkan seorang anak kecil bernama Pepper Flynt Busbee (Jakob Salvati), yang yakin bisa memindahkan gunung.

Jelas keinginannya itu hal yang mustahil dilakukan. Namun bagi Pepper, ini bukan hal yang semata fantasi seorang anak kecil dengan khayalannya. Bagi Pepper, hal itu harus dia lakukan untuk memulangkan orang yang sangat dia cintai.

Film ini mengambil latar tahun 1940-an di California, Amerika Serikat, yang saat itu dalam situasi perang dunia II. Menceritakan keadaan nyata yang terjadi selepas penyerangan Angkatan Udara Jepang ke pelabuhan Pearl Harbour. Menyulut “api” kepada Amerika Serikat untuk ikut dalam perang, dan harus membuat banyak anggota keluarga yang dicintai ikut juga dalam perang.

Realita tersebut juga terjadi untuk Pepper yang harus merelakan ayahnya, James Busbee (Michael Rapaport), untuk ikut dalam perang. Bagi Pepper, ayahnya adalah rekan terbaik dan rekan satu-satunya yang mengajari segala hal, dan menjadi sosok inspirasinya.

Kenyataan pahit kembali harus dihadapi Pepper dan keluarganya saat mendapat kabar bahwa ayahnya menjadi tahanan perang dengan kondisi yang tidak diketahui, apakah masih hidup atau masih menjadi tahanan.

Hal ini memberi guncangan besar bagi Pepper, ibunya, Emma Busbee (Emily Watson), dan kakaknya, London Busbee (David Henrie). Namun mereka berusaha tetap optimis bahwa sang ayah masih hidup dan akan kembali di tengah-tengah keluarga suatu saat nanti.

Pada suatu misa di gereja, Pepper mendengar sebuah kutipan, “Dengan keyakinan sebesar biji mustar, kau akan dapat memindahkan gunung” yang diucapkan oleh bapa pemimpin misa. Kutipan tersebut melekat dalam kepala Pepper, dan menganggap biji mustar adalah sumber kekuatan, dan berharap apabila dia bisa memindahkan gunung, dia akan mampu membawa ayahnya pulang.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Pepper melakukan konsultasi langsung pada Bapa Oliver (Tom Wilkinson), dan diberi sebuah kertas yang disebut “daftar kuno” yang berisi beberapa hal yang harus diikuti Pepper, sebagai syarat untuk bisa memindahkan gunung.

Salah satu syarat yang harus Pepper ikuti pertama kali adalah berteman dengan pria paruh baya bernama Hashimoto (Cary-Hiroyuki Tagawa), yang merupakan warga keturunan Jepang di lingkungannya. Syarat ini sulit, mengingat sentimen anti-jepang yang sangat besar saat itu.

Jepang dianggap penjahat perang yang telah menyerang Amerika dengan cara pengecut, yang menyebabkan Amerika ikut perang dan mengorbankan banyak anggota keluarga untuk ikut berperang.

Pepper, yang harus kehilangan ayahnya akibat perang, juga membenci orang Jepang. Namun demi mencapai keinginannya memindahkan gunung, dia pun berusaha bergaul dengan Hashimoto, meski menerima ejekan dari orang-orang sekitar. Kakaknya sendiri memberinya peringatan keras untuk menjauhi Hashimoto.

Namun pada akhirnya Hashimoto menjadi sosok yang sangat berarti bagi Pepper. Hashimoto menjadi orang yang setia menolong Pepper dalam proses melewati semua syarat dalam “daftar kuno” untuk memindahkan gunung.

Apakah Pepper bisa mewujudkan keinginannya untuk memindahkan gunung?

Ada banyak konflik dan hiburan menarik sepanjang film yang berdurasi 106 menit ini, ditambah sinematografi dan efek spesial yang akan memanjakan mata saat mengikuti setiap adegan dalam film. Akting setiap aktor/aktris yang memerankan tokoh dalam film ini juga menjadi poin utama yang membuat film ini “indah”.

Little Boy merupakan film yang rilis pada 2015, karya sutradara Alejandro Monteverde. Berusaha menyampaikan banyak pesan dalam cerita film ini. Keyakinan, cinta, dan keikhlasan, adalah pesan utama yang perlu digarisbawahi.

Film ini mengingatkan kita bahwa harus ada keyakinan yang dibarengi keberanian kuat untuk mencapai yang kita inginkan. Meskipun terdengar mustahil, cinta yang mempersatukan sesama, dan pada akhirnya sebuah sikap merelakan saat semua keinginan tidak berjalan sesuai yang diharapkan.

Related

Film 7614078093769831872

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item