Biografi Lengkap Michael Jackson, The King of Pop (Bagian 1)

Biografi Lengkap Michael Jackson, The King of Pop

Naviri Magazine - Michael Joseph Jackson lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat, pada 29 Agustus 1958. Ia adalah penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai "King Of Pop", dan memopulerkan gerakan dansa "Moonwalk" yang telah menjadi ciri khasnya.

Albumnya yang dirilis pada 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia. Ia mulai karier bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi The Jackson 5), sebelum meluncurkan album solo pertamanya, Got to Be There, pada 1971.

Sebagai anak ketujuh dari keluarga Jackson, dia membuat debut di musik profesional pada umur 11 tahun, sebagai anggota Jackson 5.

Pada awal 1980-an, dia menjadi figur yang sangat dominan dalam musik pop dan musisi Afrika-Amerika pertama yang mempunyai crossover kuat di MTV. Popularitas dalam musiknya menanjak saat ditayangkan di MTV, antara lain "Beat It", "Billie Jean" dan Thriller, dianggap telah mengubah video klip menjadi karya seni dan sebagai alat promosi untuk memopulerkan channel tv.

Video-video seperti "Black or White" dan "Scream" membuat Jackson menjadi andalan utama MTV pada 1990-an. Lewat penampilan panggung dan video-video klipnya, Jackson memopulerkan sejumlah teknik menari, seperti robot dan moonwalk. Suara dan gaya vocal Jackson memengaruhi dan diikuti oleh banyak penyanyi hip hop, pop, dan R&B.

Penghargaan-penghargaan yang telah dia raih termasuk beberapa kali Guinness World Records—termasuk thriller sebagai album terlaris di dunia—13 Grammy Awards, 13 single nomor 1 dalam solo kariernya dari musisi pria lain dalam Hot 100 era—dan penjualan 750 juta unit album di seluruh dunia.

Hidup Jackson sangat terkenal di dunia. Didampingi dengan kariernya yang sangat sukses, membuatnya menjadi bagian dari kebudayaan pop selama 4 dekade. Dalam beberapa tahun, dia sering disebut-sebut sebagai salah satu pria paling terkenal di dunia.

Masa kecil dan The Jackson 5

Michael Joseph Jackson lahir pada 29 Agustus 1958 di Gary, Indiana, sebuah daerah industri di pinggiran Chicago. Ia keturunan seorang Afrika-Amerika, Joseph Walter "Joe" Jackson, dan Katherine Esther Scruse. Ia anak ke-7 dari 9 bersaudara. Saudaranya antara lain Rebbie, Jackie, Tito, Jermaine, La Toya, Marlon, Randy, dan Janet.

Joseph Jackson pernah bermain di sebuah band R&B bernama The Falcons, bersama saudaranya, Luther.

Jackson pernah menyatakan bahwa sejak kecil ia mengalami kekerasan dari ayahnya, baik secara fisik maupun mental, seperti latihan yang tak henti-henti, cambuk, dan memanggilnya dengan panggilan kasar. Namun demikian, ia juga mengakui bahwa kedisiplinan yang diterapkan ayahnya membawa pengaruh besar bagi kesuksesannya.

Marlon Jackson menceritakan, pernah dalam suatu perselisihan, Michael diangkat terbalik kemudian dipukuli di punggung dan pantatnya. Pernah pula di suatu malam, ketika Michael sedang tidur, Joseph memanjat dari kamarnya ke pintu kamar Jackson. Dengan mengenakan topeng menakutkan, ia masuk ke kamar, berteriak keras, menakut-nakuti Michael.

Joseph mengatakan bahwa ia melakukan itu untuk mengajar anak-anaknya agar tidak membiarkan jendela kamar terbuka ketika tidur. Selama bertahun-tahun setelah peristiwa tersebut, Michael sering mengalami mimpi ia diculik dari kamarnya. Pada tahun 2003, Joseph mengakui pernah mencambuk Michael ketika ia masih kecil.

Jackson pertama kali membicarakan masalah masa kecilnya ketika ia diwawancara oleh Oprah Winfrey pada 1993. Ketika itu, ia juga berkata bahwa pada saat kecil, ia sering menangis kesepian, dan kadang-kadang muntah ketika melihat ayahnya. Pada acara Living with Michael Jackson (2003), Michael terlihat menangis menutupi wajahnya, ketika ia menceritakan masa kecilnya.

Jackson menampilkan bakat musiknya di usia belia, ketika ia menyanyi di depan teman-teman sekelasnya pada resital Natal di usia lima tahun. Pada 1964, Michael dan Marlon bergabung dengan the Jackson Brothers—sebuah band yang didirikan oleh saudara-saudaranya: Jackie, Tito, dan Jermaine—sebagai musisi pendukung, Michael memainkan congas, sementara Marlon tamborin.

Beberapa lama kemudian, ia mulai mengambil peran sebagai penyanyi latar dan ikut menari. Akhirnya, pada umur 8 tahun, ia dan Jermaine menjadi penyanyi utama, dan nama kelompok musik ini diganti menjadi The Jackson 5. Band ini melakukan tur di bagian tengah Amerika Serikat secara ekstensif pada 1966 hingga 1968. Pada 1966, mereka memenangi beberapa acara pencari bakat tingkat lokal.

The Jackson 5 telah merekam berbagai lagu, termasuk "Big Boy", untuk label rekaman lokal Steelwotn di tahun 1967, dan menandatangani kontrak dnegan Motown Records di tahun 1968.

Majalah Rolling Stone ketika itu menggambarkan Michael sebagai " keajaiban" (prodigy) dengan "bakat musik yang luar biasa".

The Jackson 5 mulai masuk pada chart ketika empat single pertamanya ("I Want You Back", "ABC", "The Love You Save," dan "I'l Be There") menempati tangga pertama pada Billboard Hot 100.

Pada masa awal The Jackson 5, bagian relasi publik Mowton mengklaim bahwa Michael berumur 9 tahun, meskipun sebenarnya ia berumur 11 tahun ketika itu. Mulai tahun 1972, Michael merilis empat album solo dengan Motwon, di antaranya Got to Be There dan Ben. Penjualan band ini menurun pada 1973.

Pindah ke Epic dan Off the Wall

The Jackson 5 menandatangani kontrak baru dengan CBS Record pada Juni 1975, dalam divisi Philadelphia International Records, yang kemudian diubah namanya menjadi Epic Records. Nama grup ini pun diubah menjadi The Jacksons, dan menghasilkan enam album antara tahun 1976 hingga 1984, di mana sebagian besar lagunya ditulis oleh Michael Jackson.

Hits yang dilahirkan oleh band ini antara lain "Shake Your Body (Down to the Ground)", "This Place Hotel" dan "Can You Feel It." The Jackson juga memiliki acara TV sendiri di CBS, The Jacksons, yang mengudara dari tahun 1976 hingga 1977.

Pada tahun 1978, Jackson berperan sebagai Scarecrow pada film musikal The Wiz. Musik dalam film ini diaransemen oleh Quincy Jones, yang kemudian menjalin kerja sama dengan Jackson untuk membuat album solonya, Off the Wall.

Penulis lagu di album ini antara lain Jackson, Rod Temperton, Stevie Wonder, dan Paul McCartney. Dirilis pada 1979, empat lagu dalam album ini menempati peringkat pertama tangga lagu di Amerika Serikat, termasuk "Don't Stop 'Til You Get Enough" dan "Rock with You."

Off the Wall menempati peringkat ketiga dalam Billboard 200, dan terjual 7 juta kopi di Amerika Serikat, dengan total penjualan di seluruh dunia mencapai lebih dari 20 juta kopi.

Baca lanjutannya: Biografi Lengkap Michael Jackson, The King of Pop (Bagian 2)

Related

Entertaintment 976036041709323266

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item