Biografi Lengkap Michael Jackson, The King of Pop (Bagian 3)

Biografi Lengkap Michael Jackson, The King of Pop

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Biografi Lengkap Michael Jackson, The King of Pop - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Jackson juga dikabarkan menawar tulang Joseph Merrick, si "Manusia Gajah", seharga $1 juta. Laporan itu melekat dalam ingatan masyarakat, dan menginspirasi nama panggilan "Wacko Jacko" (Jacko Sinting), yang kemudian sering disingkat sebagai "Jacko" di headline tabloid. Seorang biografer pada tahun 2004 mengatakan bahwa rumor-rumor tersebut diciptakan oleh bagian publikasi Jackson sendiri untuk tujuan promosi.

Jackson mengatakan kepada reporter: “Mengapa Anda tidak melaporkan saja ke masyarakat bahwa saya adalah alien dari Mars. Bilang kepada masyarakat bahwa saya memakan ayam hidup-hidup, dan melakukan tarian voodoo di malam hari. Tentu masyarakat akan percaya dengan yang Anda katakan, karena Anda adalah seorang reporter.

“Tetapi bila saya, Michael Jackson, yang mengatakan, ‘Saya adalah alien dari Mars, saya memakan ayam hidup-hidup, dan saya melakukan tarian voodoo di malam hari,’ masyarakat akan berkata, ‘Ya ampun, Michael Jackson sudah gila, dia hancur. Lebih baik kamu tidak mempercayai ucapannya.’”

Pada 1987, Jackson merilis album Bad, yang merupakan album pertamanya setelah vakum selama lima tahun.

Total penjualan album yang banyak ditunggu oleh penggemar ini tidak setinggi album Thriller, namun tetap saja dapat dianggap sukses secara komersial, serta berhasil menelurkan tujuh hit single di Amerika Serikat, lima di antaranya "I Just Can't Stop Loving You", "Bad", "The Way You Make Me Feel", "Man in the Mirror" dan "Dirty Diana" pernah menempati peringkat satu daftar Billboard Hot 100, lebih banyak dari album-album lainnya.

Hingga tahun 2008, album ini telah terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia.

Pada 1987, Jackson menyatakan diri keluar dari agama yang dianutnya, Saksi-saksi Jehovah, sebagai respons dari ketidaksetujuan agama tersebut terhadap video klip Thriller.

Pada 12 September, Jackson memulai Bad World Tour hingga 14 Januari 1989. Di Jepang saja, tur ini berhasil menarik 570.000 penonton. Ia juga memecahkan Guiness World Record ketika 504.000 orang menghadiri show-nya di Wembley Stadium. Secara total, ia tampil di 123 konser, di hadapan 4,4 juta orang, dan memecahkan Guinness World Record lainnya ketika tur tersebut memberikan pendapatan senilai $125 juta.

Selama perjalanannya, ia mengundang anak kecil yang berasal dari keluarga ekonomi lemah untuk menonton konsernya secara gratis, dan memberi donasi ke rumah sakit, yayasan yatim piatu, dan badan amal lainnya.

Autobiografi, perubahan penampilan dan Neverland

Pada 1988, Jackson merilis autobiografi pertamanya, Moonwalk, yang membutuhkan 4 tahun untuk menyelesaikannya. Jackson menulis tentang masa kecilnya, The Jackson 5, dan perlakuan kejam yang dideritanya. Dia juga menulis kalau dia hanya menjalani dua operasi plastik pada mukanya.

Jackson kemudian merilis film yang disebut Moonwalker, yang berisi kumpulan rekaman dan film pendek yang dibintangi Michael Jackson sendiri, dan Joe Pesci.

Pada Maret 1988, Jackson membeli tanah di dekat Santa Ynez, California, untuk membangun Neverland Ranch, dengan harga sebesar $17 juta. Dia memasang berbagai atraksi permainan dan sebuah teater. Di sana juga terdapat 40 staf keamanan yang selalu berpatroli.

Pada 1989, pendapatan tahunannya dari hasil penjualan album dan konser-konsernya, diperkirakan mencapai $125 juta hanya untuk tahun itu.

Michael Jackson dilantik sebagai King of Pop. Nama panggilan tersebut dipopulerkan oleh Elizabeth Taylor. Dari tahun 1985 sampai 1990, Jackson telah mendonasikan $500,000 ke United Negro College Fund. Pada saat ini juga Michael mulai menjalin persahabatan dengan aktor cilik, Macaulay Culkin.

Moonwalker

Moonwalker adalah film yang dibintangi Michael Jackson. Film ini terdiri dari klip singkat mengenai riwayat Michael Jackson, kumpulan beberapa video klip dari album Bad, serta adegan-adegan tambahan yang merangkai klip-klip tersebut menjadi alur cerita yang utuh.

Judul film ini diambil dari jargon Moonwalk, teknik tarian yang dipopulerkan oleh Jackson dalam penampilannya pada acara Motown 25: Yesterday, Today, Forever. Meskipun sebenarnya jargon tersebut dipopulerkan oleh media massa, namun Jackson sendiri memilih nama tersebut untuk judul filmnya.

Pada awalnya, film ini dirilis bersamaan dengan diluncurkannya album Bad pada 1987. Namun pada akhirnya film ini diluncurkan sebagai bagian dari konser Bad World Tour. Film ini pertama kali ditayangkan di bioskop-bioskop Inggris pada 26 Desember 1988.

Pada awalnya, film ini direncanakan diputar di bioskop-bioskop Amerika dan Kanada pada hari Natal tahun 1988. Namun terjadi penundaan sehingga film ini baru dirilis pada 10 Januari 1989 dalam bentuk Home Video, setelah Jackson menyelesaikan Bad World Tour. Bedasarkan data 17 April 1989, video film ini telah terjual hingga 800.000 copy.

Plot

Film ini dibagi atas beberapa segmen yang satu sama lainnya tidak memiliki hubungan erat. Film ini lebih bersifat kumpulan video klip Michael Jackson dibandingkan dengan sebuah alur cerita. Namun demikian, beberapa video klip dibuat sedemikian rupa, sehingga menyerupai sebuah film musikal pendek. Segmen-segmen dalam film tersebut antara lain:

Man In The Mirror

Adegan pembukaan film ini dimulai dengan video klip lagu Man in The Mirror yang berupa cuplikan konser Jackson dalam Bad World Tour. Pada video klip ini juga disisipkan gambar anak-anak Afrika dan tokoh-tokoh dunia, seperti Mahatma Gandhi, Martin Luther King, Jr., John Lennon, dan sebagainya.

Retrospektif

Pada segemen ini tampil kumpulan potongan video klip Jackson sejak zaman The Jackson 5, Thriller, The Jackson's Victory Tour, We Are the World, serta beberapa beberapa video klip dari album Bad. Sebagian klip tersebut telah diedit ulang untuk memberikan tampilan yang lebih dramatis, dan menunjukan perjalanan karier Jackson.

Badder

Merupakan parodi video klip singel "Bad". Berbeda dengan video klip singelnya, pada "Badder" seluruh pemerannya diganti sekelompok anak-anak yang berdandan seperti Michael Jackson dan penari latarnya. Anak-anak tersebut kemudian menari dan menyanyi seperti pada adegan video klip tersebut. Namun, pada video klip "Badder" disisipkan adegan-adegan yang bersifat komedi.

Michael Jackson kecil dalam video klip ini diperankan oleh Brandon Quintin Adams. Sedangkan aktor lain yang ikut mendukung klip tersebut antara lain Jermaine Jackson, Jr. dan Nikki Cox.

Speed Demon

Segmen ini merupakan lanjutan video klip "Badder". Disutradarai oleh Will Vinton dan dilatari oleh lagu Speed Demon dari album Bad. Segmen ini menceritakan Jackson yang dikejar-kejar oleh sekelompok penggemarnya, yang ditampilkan dalam bentuk animasi tanah liat. Jackson kemudian menyamar sebagai Spike si kelinci (juga dalam bentuk animasi tanah liat) yang kemudian mengerjai penggemar-penggemar gila tersebut.

Baca lanjutannya: Biografi Lengkap Michael Jackson, The King of Pop (Bagian 4)

Related

Entertaintment 2645054564117077713

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item