Bolehkah Berdoa di Kamar Mandi Pada Waktu Wudhu?

Bolehkah Berdoa di Kamar Mandi Pada Waktu Wudhu?

Naviri Magazine - Sebelum berwudhu, kita dianjurkan melafalkan bismillah dan mengamalkan sunah lainnya; mencuci telapak tangan, memasukkan air ke dalam hidung, dan kumur-kumur. Setelah berwudhu pun terdapat beberapa kesunahan yang dianjurkan, seperti membaca doa dan lain-lain.

Sementara itu, khususnya di perkotaan, kebanyakan mereka tidak memiliki tempat khusus wudhu di dalam rumah. Kalau mau wudhu, pasti mereka melakukannya di kamar mandi, dan di situ biasanya ada tempat buang hajat. Padahal pada tempat itu tidak elok melafalkan kalimat dzikir dan doa.

Pada kondisi ini, manakah yang harus diutamakan? Tetap membaca doa dan bismillah demi mendapatkan kesunnahan wudhu, atau meninggalkannya karena sedang berada di tempat yang dimakruhkan melafalkan dzikir dan doa?

Jawaban dari pertanyaan ini sudah dijelaskan oleh ulama terdahulu. Kumpulan pendapat mereka dapat ditemukan dalam Al-Mawsu’atul Fiqhiyyah. Ensiklopedia fikih tersebut menyebutkan:

“Ibnu ‘Abidin mengatakan, andai orang berwudhu di kamar kecil, apakah dianjurkan baginya membaca bismillah dan kesunahan lainnya dari membaca doa wudhu demi menjaga kesunahan, atau meninggalkannya?

“Menurut Ibnu ‘Abidin, pendapat yang jelas adalah meninggalkan kesunahan, karena kebanyakan ulama lebih memprioritaskan larangan dari perintah. Hal ini sesuai pendapat ulama dari mazhab Hanbali yang mengatakan bismillah wajib dalam wudhu. Sementara tetap berzikir di dalam hati tidak dimakruhkan, dan menurut ulama mazhab Maliki dimakruhkan zikir di kamar kecil.”

Merujuk pada pendapat ini, lebih baik tidak melafalkan bismillah dan doa pada saat wudhu di kamar mandi. Aturan ini berlaku bila di dalamnya terdapat tempat buang hajat.

Ibn ‘Abidin mengatakan, larangan melafalkan dzikir pada tempat kotor lebih jelas ketimbang perintah umum melafalkan zikir dan doa, khususnya pada saat wudhu. Hal ini ditekankan guna menghormati kesucian kalimat dzikir dan doa.

Meskipun membacanya dimakruhkan, membatinkan zikir dan doa di dalam hati tetap diperbolehkan. Adapun terkait kesunahan berdoa setelah wudhu, solusinya ialah membacanya pada saat keluar dari kamar mandi. Wallahu a’lam.

Related

Moslem World 784080893620924834

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item