Bus ini Mewajibkan Sopirnya Berhenti Ketika Waktu Shalat Tiba

Bus ini Mewajibkan Sopirnya Berhenti Ketika Waktu Shalat Tiba

Naviri Magazine - Sudah lazim jika bus selalu mengejar target waktu dan setoran. Hal ini membuat sopir maupun penumpang tak punya banyak waktu untuk istirahat, termasuk sholat. Bagi umat Islam, hal ini tentu menjadi masalah tersendiri. Kalau bus siang, kita bisa menjamak (menggabung sholat) dan meng-qhasar (meringkas) sholat saat istirahat makan, sehingga ibadah tetap jalan selama perjalanan.

Namun, jika kita menumpang bus malam, banyak bus yang tak memberikan kesempatan sholat subuh bagi penumpang. Padahal, sholat subuh tidak bisa dijamak apalagi di-qhasar.

Terkait hal itu, bus PO. Haryanto memberi kesempatan para penumpangnya untuk tetap mengerjakan sholat wajib 5 waktu, selama perjalanan dengan bus mereka.

PO Haryanto mewajibkan sopirnya memberi kesempatan para penumpangnya untuk menunaikan ibadah sholat 5 waktu, terutama sholat subuh. Hal ini jelas terpampang dalam banner besar di garasi PO Haryanto.

Seorang pengguna twitter, dengan akun @yuniarto8686, meng-upload foto banner PO tersebut. Ia kemudian me-mention Ustaz Yusuf Mansyur, dengan pertanyaan, "Bisnis kaya gini kira-kira bakal rugi nggak?"

Sang ustaz langsung menjawabnya. Kata Ustaz Yusuf Mansyur, mengutamakan sholat berarti mengutamakan Allah. Banyak netizen juga memberikan komentar positif atas kebijakan PO Haryanto.

Selain mewajibkan sholat 5 waktu untuk para karyawannya, PO. Haryanto yang dimiliki H. Haryanto ini juga rutin memberangkatkan para sopirnya untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah.

Tradisi tersebut terus berlangsung hingga sekarang. Bagi karyawan yang tekun dan taat beribadah, H. Haryanto tak ragu-ragu membagi tiket untuk beribadah haji.

Related

Moslem World 463776974206209382

Recent

item