Fakta-fakta Menarik Seputar Earth Hour yang Perlu Kita Tahu

Fakta-fakta Menarik Seputar Earth Hour yang Perlu Kita Tahu

Naviri Magazine - Earth Hour (Jam Bumi) adalah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund), dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahun, yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu, selama satu jam, untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim.

Sebelum 2008, San Francisco telah menjalankan program "Lights Out" pada bulan Oktober. Untuk tahun 2008, waktunya dipindahkan ke 29 Maret, agar dapat bersamaan dengan Earth Hour Australia. Ini juga terjadi supaya 2008 menjadi tahun ketika Earth Hour menjadi kegiatan internasional, dan San Francisco diminta sebagai kota mitra Earth Hour.

Daripada memiliki acara saingan, San Francisco memutuskan mendukung Earth Hour, dan semua kegiatan Lights Out sekarang menjadi bagian dari kegiatan internasional Earth Hour.

Sejak Earth Hour 2008 diselenggarakan hari Sabtu, banyak sekolah menengah atas di Wilayah Toronto Raya berpartisipasi dengan memadamkan setengah lampu di ruang kelas selama jam terakhir sekolah hari Jumat, 28 Maret 2008. Meskipun slogan Earth Hour 2008 secara resmi adalah, "See the difference you can make," iklan radio resmi berakhir dengan, "Dark city, bright idea."

Tel Aviv menjadwalkan Earth Hour mereka pada Kamis 27 Maret 2008, untuk menghindari benturan dengan Sabbath. Dublin memindahkan Earth Hour mereka ke antara pukul 9 dan 10 malam, karena lokasi geografisnya di utara.

Perayaan di seluruh dunia

Istana kerajaan Denmark, Istana Amalienborg, dan Istana Gråsten, digelapkan atas perintah Ratu.

Nelly Furtado mengadakan konser gratis di Nathan Philips Square di Downtown, Toronto, untuk merayakan Earth Hour.

Di Toronto, Ontario, Environmental Outreach Team dari mahasiswa Universitas York menjalankan sesi informasi Earth Hour pada sore hari, dan Observatorium Universitas York memberikan sesi observasi umum tambahan.

Aktivitas melihat bintang diadakan di Ontario Science Centre di Toronto, dan David Dunlap Observatory di Richmond Hill's David Dunlap Observatory.

Astronomy Ireland menggunakan teleskop bertenaga tinggi di Phoenix Park Dublin yang membolehkan orang-orang melihat langit malam, yang biasanya ramai dengan cahaya kota.

Di Tel Aviv, Israel, sebuah konser gratis oleh Knesiyat Hasekhel diadakan di Rabin Square. Tenaga yang dibutuhkan untuk konser ini berasal dari sekumpulan pesepeda yang menggerakan generator pedal. Keseluruhkan tenaga disuplai oleh pembakaran generator yang menggunakan minyak falafel untuk tenaga.

Di Atlanta, CEO WWF AS, Carter Roberts, dan Walikota Atlanta, Shirley Franklin, secara simbolis menekan saklar raksasa dalam siaran langsung di televisi yang memulai gelombang pemadaman lampu di bangunan-bangunan di kota itu.

Di San Francisco, sebuah acara publik yang diadakan EEF AS dihadiri oleh Walikota Gavin Newsom, pemain skateboard sekaligus peraih medali emas, Brian Boitano, drummer Grateful Dead, Mickey Hart, dan selebriti lainnya. Mereka berkumpul untuk menyaksikan lampu dipadamkan dan mendengar musik Jason Damato.

Di Kuala Lumpur, Malaysia, lampu menara kembar tertinggi di dunia, Menara Kembar Petronas, dipadamkan.

Di Mesir, lampu dipadamkan di Sphinx dan Piramida Besar Giza, pada pukul 20:30-21:30.

Google

Earth Hour juga menerima publisitas gratis dari Google. Mulai 12:00 siang tanggal 29 Maret 2008 hingga akhir Earth Hour, halaman utama Google di Amerika Serikat, Kolombia, Kanada, Denmark, Irlandia, dan Britania Raya, menggunakan latar belakang hitam. Slogan mereka adalah, "We've turned the lights out. Now it's your turn - Earth Hour."

Sebuah kesalahpahaman populer bahwa latar belakang hitam dalam situs web mengurangi konsumsi tenaga pada monitor; monitor LCD menggunakan jumlah tenaga yang tetap tanpa melihat apa warna halaman webnya. Lain halnya dengan monitor LED Organik, meskipun tidak terlalu banyak digunakan.

Saluran TV

Earth Hour diliput secara luas di Amerika Serikat dengan segmen di Oprah, NBC Nightly News, CBS Evening News, The Today Show, Good Morning America, CNN, CNN International, The Weather Channel dan lainnya. Beberapa stasiun TV di Amerika Serikat melakukan liputan langsung, termasuk NBC di Atlanta yang menyiarkan Earth Hour selama satu jam selama acara itu.

The Weather Network Kanada memindahkan studionya ke luar bangunan, antara pukul 20.00 dan 21.00 EDT untuk Earth Hour, hanya menggunakan lampu LED selama jam itu.

The Agenda dengan Steve Paikin di TVOntario menjalankan programnya secara penuh hanya menggunakan cahaya lilin.

Related

World's Fact 5935264144625966315

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item