Ini 9 Fakta Menarik dan Mencengangkan Seputar Ponsel

Ini 9 Fakta Menarik dan Mencengangkan Seputar Ponsel

Naviri Magazine - Ponsel saat ini tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Sebagai penunjang alat komunikasi, ponsel mempunyai sejarah yang cukup panjang dari handset maupun layanannya.

Pernahkah terpikir kenapa pesan singkat atau SMS dibatasi 160 karakter saja? Atau tahukah siapa yang pertama mengirimkan gambar menggunakan ponsel? Berikut adalah beberapa fakta unik seputar ponsel yang perlu kita tahu.

Negara yang paling banyak kirim SMS 

Tahukah Anda, Filipina adalah negara yang paling banyak mengirimkan SMS. Tercatat, sebanyak 1,4 miliar SMS dikirim setiap harinya. Sampai akhir tahun 1990-an hingga pertengahan 2000, Filipina dikenal sebagai 'ibu kota SMS'.

Alasan kenapa SMS begitu banyak digunakan, sebab operator di negara itu memberikan trik dengan SMS gratis untuk pengiriman pertama. Setelah itu, setiap SMS hanya dikenakan satu peso atau sekitar dua sen dolar.

Mengapa SMS dibatasi 160 karakter? 

Pada tahun 1985, peneliti komunikasi Friedhelm Hillebrand mendefinisikan berapa standar pesan SMS. Tanpa sengaja, ketika dia mengetik kalimat acak pada mesin tik, semuanya hampir ditulis 160 karakter. Akhirnya ditetapkanlah standar maksimal untuk berkirim pesan adalah 160 karakter.

Sebetulnya, saat pertama kali dibuat, SMS hanya menampung tidak lebih dari 128 karakter. Atas pertimbangan Hillebrand pula, sisa 32 kata dioptimalkan.

Ponsel musik pertama 

Awal tahun 2000-an, ponsel bergeser fungsi dari sekadar untuk berkomunikasi namun juga sebagai sarana entertainment. Salah satunya adalah mendengarkan musik.

Siemens SL45 yang dirilis tahun 2001, menjadi ponsel pertama dengan tambahan memori dan mendukung file musik. Zaman itu kemampuannya sudah hebat, karena mampu memutar musik di ponsel hingga 5 jam dengan sekali isi ulang baterai.

Ponsel paling kuat di dunia 

Apa ponsel yang paling kuat di dunia? Ternyata jawabannya Sonim XP3300 Force. Perangkat genggam ini mampu bertahan saat dijatuhkan dari ketinggian 84 kaki atau sekitar 25 meter.

Sonim XP3300 pun ditahbiskan sebagai ponsel paling kuat di dunia oleh museum rekor Guinness World Records.

Ponsel paling mahal di dunia 

Apa jadinya bila iPhone 4 dilapisi berlian yang berkilau? Tentu saja, selain lebih indah dipandang, harganya mampu membuat kita tercengang.

Stuart Hughes iPhone 4 Diamond Rose masih dinobatkan sebagai ponsel termahal di dunia dengan harga mencapai USD 7,85 juta. Wajar mahal, sebab iPhone ini dilapisi setidaknya 500 berlian 100 karat.

Foto pertama yang dikirim melalui ponsel 

Sejarah mencatat, 11 Juni 1997 adalah tanggal pertama kali foto berhasil dikirimkan melalui ponsel. Orang yang pertama mengirimkan foto tersebut adalah Phillppe Khan.

Saat itu, Khan mengirimkan foto anaknya yang baru lahir. Memang dirinya saat itu menjadi bagian tim yang mengembangkan kamera ponsel pertama di dunia.

Ponsel sejuta umat 

Nokia 1100 menjadi ponsel dengan penjualan terbanyak sepanjang masa. Diperkenalkan tahun 2003 sampai akhir produksinya, varian ponsel ini sudah terjual sebanyak 250 juta unit.

Alasan utama mengapa ponsel ini laku banyak, karena Nokia 1100 adalah pelopor ponsel dengan harga terjangkau. Akibat ponsel ini pula, booming telekomunikasi merata ke semua lapisan masyarakat.

Ponsel James Bond 

Film James Bond memang sudah sangat melegenda, agen 007 ini divisualisasikan sebagai jagoan dengan senjata dan gadget muktakhir. Salah satunya adalah ponsel.

Ponsel pertama yang menjadi bagian dari senjata James Bond adalah Ericsson JB988. Di filmnya, ponsel ini mempunyai fungsi sebagai identifikasi sidik jari dan kemampuan mengontrol mobil BMW 750IL.

Nokia berawal dari produsen kertas 

Sebelum dikenal sebagai pembuat ponsel, Nokia yang didirikan pada tahun 1865 ternyata pembuat kertas yang cukup ternama. Beberapa tahun kemudian, Nokia mulai beralih bisnis menjadi produksi alat jaringan untuk telegraf dan kabel elektronik.

Sampai pada tahun 1980-an, Nokia memperkenalkan ponsel pertamanya ke publik.

Related

Smartphone 3033981068133917205

Recent

item