Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Orang Terkena Masalah Jantung

Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Orang Terkena Masalah Jantung

Naviri Magazine - Masalah jantung tentu tidak diinginkan siapa pun. Karena, bagaimana pun, jantung memiliki peran penting dalam menunjang kesehatan tubuh, bahkan menunjang kehidupan seseorang. Sayangnya, masalah jantung bisa terjadi pada siapa saja, khususnya yang tidak menjalani gaya hidup sehat.

Faktor risiko lain terkait masalah jantung adalah kegemukan, resistensi insulin atau diabetes, kolesterol tinggi dan tekanan darah, riwayat keluarga penyakit jantung, tidak aktif secara fisik, merokok, makan makanan yang tidak sehat, depresi klinis, dan faktor lainnya karena gaya hidup yang tidak sehat.

Meskipun faktor genetik dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, pilihan gaya hidup yang tidak sehat memainkan peranan yang besar.

Beberapa pilihan gaya hidup yang tidak sehat yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung meliputi kurang latihan fisik; makan makanan tidak sehat yang tinggi protein lemak, lemak trans, makanan manis, dan sodium; merokok; minum alkohol berlebihan; tinggal di lingkungan yang tingkat (tekanan) stresnya tinggi tanpa teknik manajemen stres yang tepat; dan diabetes yang tidak dirawat.

Sedangkan gejala yang muncul pada penderita penyakit jantung, khususnya serangan jantung, seperti dilansir dari Web MD adalah:

Ketidaknyamanan, tekanan, berat, atau nyeri di dada, lengan, atau di bawah tulang dada.

Ketidaknyamanan memancar ke punggung, rahang, tenggorokan, atau lengan.

Kepenuhan, gangguan pencernaan, atau perasaan tercekik (mungkin terasa seperti sakit maag).

Berkeringat, mual, muntah, atau pusing.

Kelemahan ekstrem, kecemasan, atau sesak napas.

Detak jantung cepat atau tidak teratur.

Beberapa orang mengalami serangan jantung tanpa memiliki gejala, yang dikenal sebagai infark miokard. Hal ini lebih sering terjadi pada penderita diabetes.

Related

Health 2599689305373856047

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item