Kiprah Michael Jackson Bersama The Jackson 5 Hingga Populer di Dunia

Kiprah Michael Jackson Bersama The Jackson 5 Hingga Populer di Dunia

Naviri Magazine - The Jackson 5, grup awal Michael Jackson bersama saudara-saudaranya, menandatangani kontrak baru dengan CBS Record pada Juni 1975, dalam divisi Philadelphia International Records, yang kemudian diubah namanya menjadi Epic Records. Nama grup ini pun diubah menjadi The Jacksons, dan menghasilkan enam album antara tahun 1976 hingga 1984, di mana sebagian besar lagunya ditulis oleh Michael Jackson.

Hits yang dilahirkan oleh band ini antara lain "Shake Your Body (Down to the Ground)", "This Place Hotel" dan "Can You Feel It." The Jackson juga memiliki acara TV sendiri di CBS, The Jacksons, yang mengudara dari tahun 1976 hingga 1977.

Pada tahun 1978, Jackson berperan sebagai Scarecrow pada film musikal The Wiz. Musik dalam film ini diaransemen oleh Quincy Jones, yang kemudian menjalin kerja sama dengan Jackson untuk membuat album solonya, Off the Wall.

Penulis lagu di album ini antara lain Jackson, Rod Temperton, Stevie Wonder, dan Paul McCartney. Dirilis pada 1979, empat lagu dalam album ini menempati peringkat pertama tangga lagu di Amerika Serikat, termasuk "Don't Stop 'Til You Get Enough" dan "Rock with You."

Off the Wall menempati peringkat ketiga dalam Billboard 200, dan terjual 7 juta kopi di Amerika Serikat, dengan total penjualan di seluruh dunia mencapai lebih dari 20 juta kopi.

Pada 1980, Jackson memenangi tiga penghargaan di American Music Awards untuk penampilan solonya: Favorite Soul/R&B Album, Favorite Male Soul/R&B Artist, dan Favorite Soul/R&B Single untuk "Don't Stop 'Til You Get Enough".

Di tahun yang sama, ia juga memenangi Billboard Music Awards untuk kategori Top Black Artist dan Top Black Album serta sebuah Grammy Award untuk Best Male R&B Vocal Performance (untuk lagu "Don't Stop 'Till You Get Enough").

Meskipun sukses secara komersial, Jackson merasa Off the Wall belum memenuhi harapannya untuk menciptakan album yang luar biasa.

Pada tahun 1980, Jackson menjadi musisi dengan penerimaan royalti tertinggi di industri musik: 37% dari keuntungan album secara keseluruhan.

Related

Music 264580765931427453

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item