Kisah Dangerous, Album Michael Jackson yang Paling Laris di Dunia

Kisah Dangerous, Album Michael Jackson yang Paling Laris di Dunia

Naviri Magazine - Pada 1991, Michael Jackson merilis album Dangerous. Album ini terjual lebih dari 32 juta kopi di seluruh dunia, melebihi album Bad. Album ini mendapatkan anugerah Grammy Awards untuk kategori Best Engineered Album – Non Classical.

Album ini sempat mengundang kontroversi, karena video klip lagu Black Or White pada empat menit terakhirnya memperlihatkan tarian yang sedikit mengandung kekerasan; Jackson menghancurkan toko dengan tong sampah, dan menghancurkan mobil dengan linggis.

Jackson juga menunjukan tarian yang berbau seksual; memegang selangkangan dan menarik resleting celananya.

Setalah kejadian itu, semua jaringan video klip memotong empat menit terakhir dari video tersebut. Jackson mengeluarkan pernyataan minta maaf kepada siapa pun yang tersinggung. Lepas dari berbagai kontroversi, video klip ini menampilkan Macaulay Culkin selama adegan rap oleh L. T. B.

Dalam rangka mempromosikan album Dangerous, Jackson melakukan tur dunia yang bertajuk Dangerous World Tour. Tur ini merupakan tur solo kedua Jackson setelah sebelumnya Jackson melakukan Bad World Tour tahun 1987-1989. Tur yang berlangsung dari 27 Juni 1992 sampai 11 November 1993 ini berlangsung sebanyak 69 konser di depan kurang lebih 3,5 juta fans.

Jackson melakukan tur ini karena hasil tur akan disumbangkan untuk Heal The World Foundation, badan amal milik Jackson yang diperuntukan bagi anak-anak. Rencananya, tur ini akan berlangsung empat leg yang akan berakhir tahun 1994, namun akhirnya tur ini berakhir sebanyak tiga leg yang berakhir pada tahun 1993.

Jackson mengakhiri tur karena ia mengumumkan bahwa dirinya menderita penyakit yang harus dirawat inap. Jackson juga mengumumkan bahwa ia kecanduan obat penenang karena stres, akibat kasus pelecehan seksual pada anak laki-laki yang muncul di media ketika Jackson sedang berada di Bangkok, tepatnya 24 Agustus 1993.

Related

Music 7044862050481563445

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item