Manfaat Mengkonsumsi DHA pada Tubuh

Manfaat Mengkonsumsi DHA pada Tubuh

Omega 3 dan omega 6 merupakan asam lemak esensial baik yang penting untuk dikonsumsi sehari-hari. Omega 3 dapat diperoleh dari ikan berminyak seperti sarden ataupun makarel. Omega 3 mengandung DHA atau Docosahexanoic Acid, dan juga Eikosapentanoat Acid atau yang biasa disingkat menjadi EPA. Kedua jenis Omega-3 tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Ada ikatan penting yang terjalin antara DHA dan kecerdasan, hal ini dikarenakan DHA berperan dalam sebagian besar materi abu-abu di dalam otak atau yang berkaitan dengan kecerdasan. Lalu, apa sajakah manfaat DHA bagi tubuh?

1. Bermanfaat bagi otak

Perkembangan otak sangat dipengaruhi oleh adanya DHA, terutama pada anak. DHA berperan penting dalam meningkatkan fungsi kognitif dan juga pembentukan otak secara menyeluruh pada anak. Tidak hanya pada anak, DHA juga dapat membatu meningkatkan daya ingat pada orang dewasa.

2. Mencegahpenyakit Alzheimer

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, DHA berfungsi untuk meningkatkan fungsi kognitif otak. Hal itu berpotensi untuk menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer atau penyakit degenerative pada otak yang umumnya menyerang orang tua yang ditandai dengan kebingungan, disorientasi, demensia, dan juga kegagalan memori.

3. Mengurangi risiko teserang penyakit jantung

Penyakit jantung ternyata merupakan salah satu dari berbagai macam penyebab kematian terbanyak di Indonesia. DHA dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Pengurangan kadar kolesterol tersebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke yang dipicu dari penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah.

Selain mengurangi kadar kolesterol, DHA juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi endotel, atau kemampuan melebarnya pembuluh darah.

4. Bermanfaat untuk mata dan penglihatan

Adanya DHA dapat meningkatkan fungsi penglihatan karena DHA banyak terkandung di dalam system saraf. DHA juga merupakan struktur lemak utama yang terdapat pada retina mata.

5. Mencegah kelahiran premature pada bayi

Beberapa penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung DHA memiliki risiko kelahiran prematur yang lebih kecil dibandingkan dengan wanita hamil yang tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA.
Selain DHA, ibu hamil juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi mengingat pentingnya asupan kalsium selama kehamilan.

Related

Health 2879357555607217306

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item