Mengenal Hernia atau Turun Berok, dan Memahami Gejalanya

Mengenal Hernia atau Turun Berok, dan Memahami Gejalanya

Naviri Magazine - Penyakit turun berok, atau dalam istilah medis disebut hernia, merupakan kondisi yang tak boleh disepelekan. Penyakit hernia biasanya diderita oleh orang yang setiap hari melakukan aktivitas maupun kesibukan yang butuh stamina tinggi.

Penyakit hernia akan menghinggapi, apabila terus memaksa melakukan aktivitas padahal kondisi stamina sedang kurang bagus. Kita perlu berhati-hati dan tak boleh menyepelekannya, karena hernia bisa menyebabkan matinya usus.

Definisi hernia (turun berok) adalah kondisi keluarnya organ usus dari tempat yang seharusnya. Berasal dari bahasa Latin, herniae, yaitu menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong, dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan melorotnya bagian dari usus.

Secara sederhana, penyakit ini menimbulkan turunnya buah zakar, seiring melemahnya lapisan otot dinding perut yang membuat usus melorot melalui lubang locus minoris.

Penderita hernia memang kebanyakan laki-laki, terutama anak-anak, karena cenderung aktif beraktivitas dengan stamina tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga diderita oleh wanita.

Awalnya, karena ada tekanan besar, usus keluar melalui lubang locus minoris tadi. Pada turun berok ringan, usus yang melorot bisa masuk kembali ke perut ketika dalam posisi tidur.

Namun, bila sudah parah, usus tidak bisa masuk lagi ke perut, dan terjepit. Usus yang terjepit ini tidak memperoleh suplai darah, sehingga akhirnya mati dan membusuk. Jika terus dibiarkan, dapat mengakibatkan masalah serius.

Related

Health 2749449254820419287

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item