Mengenal Nasi Megono, Sajian Nusantara Khas Kota Pekalongan

Mengenal Nasi Megono, Sajian Nusantara Khas Kota Pekalongan

Naviri Magazine - Nasi megono adalah salah satu masakan Nusantara, khas dari daerah Pekalongan Jawa Tengah. Megono memiliki cita rasa yang unik, terasa enak dilidah, dan harganya juga murah.

Bahan dasar megono sama dengan bahan dasar gudeg Jogja, hanya saja megono tidak berkuah. Biasanya, megono terbuat dari bahan dasar nangka muda atau gori, yang dicincang kasar dan dicampur parutan kelapa muda serta bumbu-bumbu khas yang sedap dan menggugah selera.

Seiring perkembangan zaman, masyarakat Pekalongan juga mengkombinasikan sayur, ikan, dan daging, sehingga nasi megono lebih lezat dan bergizi. Megono dengan bahan dasar gori sering disebut dengan nama megono cecek. Sedangkan jika berbahan sayur dikenal dengan megono paris. Megono juga dapat dibuat dari bahan dasar batang pohon bambu muda, yang disebut megono bung.

Nasi megono merupakan menu masakan yang mudah dijumpai di berbagai daerah. Sebab megono adalah warisan menu makanan yang sudah turun temurun. Ketika orang dari berbagai daerah berkunjung ke Pekalongan, mereka pun mencicipinya. Akhirnya, lambat laun megono berkembang di seluruh wilayah Nusantara.

Jika Anda mampir ke Pekalongan, Anda dapat merasakan kenikmatan masakan megono ini. Nasi megono sangat enak jika dipadukan dengan kuah pindang ikan, rawon, garang asem, atau soto.

Related

Food 6682079606308712750

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item