Mengenal STSN, Satu-satunya Kampus Persandian di Indonesia

Mengenal STSN, Satu-satunya Kampus Persandian di Indonesia

Naviri Magazine - Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia. STSN merupakan satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia.

STSN didirikan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM aparatur bidang persandian, yang mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia negara.

Sejarah

STSN didirikan berdasarkan surat Mendiknas tanggal 17 Januari 2002, dan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2003 tanggal 17 April 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan peningkatan status dari Akademi Sandi Negara (Aksara) atau Pendidikan Ahli Madya Sandi (PAMS).

Sistem pendidikan

STSN menyelenggarakan pendidikan profesional dalam bidang persandian dengan jenjang Diploma IV. STSN mewajibkan mahasiswa tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan, dengan wajib mematuhi peraturan kehidupan mahasiswa dan peraturan urusan dinas dalam.

Kegiatan pendidikan meliputi bidang akademik dan bidang pengasuhan yang diselenggarakan secara seimbang, berkesinambungan, dan saling mendukung dengan berpedoman pada tujuan pendidikan.

Pendidikan dilaksanakan dengan sistem paket, dimana evaluasi pendidikan dilaksanakan setiap semester melalui Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), dimana setiap semester digunakan sistem gugur.

Applied Cryptography Research Group

Applied Cryptography Research Group (disingkat ACRG) adalah kelompok penelitian yang bertujuan menghasilkan produk-produk berdasarkan kriptografi. Kelompok ini didirikan di Sekolah Tinggi Sandi Negara, Ciseeng, Bogor, pada Mei 2006. Sementara ini anggota kelompok terdiri atas beberapa dosen, mahasiswa, dan karyawan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).

ACRG telah mengadakan pertemuan untuk pertama kalinya, dan menghasilkan kesimpulan untuk mengerjakan dua proyek, yaitu Implementasi Public Key Infrastructure dan Pengembangan Cryptography Embeded System.

Related

Education 3833004267600150466

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item