Perlu Tahu, Ini Panduan Sehat dan Aman Menikmati Durian

Perlu Tahu, Ini Panduan Sehat dan Aman Menikmati Durian

Naviri Magazine - Dahsyatnya rasa buah durian bisa membuat orang kalap mengonsumsinya. Sudah banyak orang yang tumbang karena lupa diri ketika makan durian. Kenapa durian bisa bikin “keok”?

Korban durian yang pernah ramai diperbincangkan kalangan medis adalah seorang politisi di Malaysia, yang terpaksa dirawat di rumah sakit setelah mengonsumsi durian.

Ahmad Lai Bujang (61 tahun), anggota parlemen Malaysia untuk wilayah Sibuti, terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena mengeluh sesak napas dan pusing, setelah pesta durian dan makan kambing.

"Ahmad tiba-tiba mengendurkan dasi, dan kami melihat ia berhenti tertawa, serta matanya mulai melotot. Orang-orang yang hadir pada malam itu segera menghampirinya, dan menanyakan apakah ia baik-baik saja," ujar Datuk Idris Haron, politisi lainnya, seperti dikutip dari Telegraph.

Ahmad menuturkan, ia mengonsumsi durian terlalu banyak saat itu dengan empat jenis durian yang berbeda, dan semuanya memiliki rasa yang sangat enak. Kini, para dokter telah memberikan peringatan baginya untuk menjauhi buah tersebut selama sebulan, dan membatasi konsumsinya.

Menurut ahli jantung Dr Lee Boon Chye, orang-orang yang makan durian pasti akan mengalami perasaan kembung yang bisa berlangsung selama berjam-jam. Hal ini karena durian mengandung kadar kalori yang tinggi.

Ahli gizi menganalisis, setiap jenis durian memiliki nilai energi yang berbeda-beda, antara 129-181 kalori per 100 gram durian. Namun, pada durian yang memiliki rasa super manis, nilai kalorinya bisa meningkat. Misalnya jenis durian monthong, diperkirakan dari 600 gram menghasilkan total kalori sebesar 978 kalori.

Karenanya, jika seseorang mengonsumsi durian 1 buah misalnya, akan memicu ledakan energi dan bisa memberikan dua kali kebutuhan harian dari rata-rata orang per hari. Maka itu disarankan, setelah mengonsumsi durian, seseorang harus berolah raga untuk membakar kelebihan kalori.

Orang yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas), tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, juga harus berhati-hati dan terbatas dalam mengonsumsi durian.

Berdasarkan penelitian di University of Tsukuba, Jepang, diketahui bahwa durian mengandung senyawa sulfur yang ketika dicerna oleh tubuh akan membuat hati sulit mencerna alkohol. Sangat dilarang mengonsumsi durian yang dikombinasikan dengan alkohol, karena bisa menyebabkan kematian.

Related

Health 8567899326828106056

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item