Pergi ke Masa Depan dengan Perjalanan Berkecepatan Cahaya

Pergi ke Masa Depan dengan Perjalanan Berkecepatan Cahaya

Naviri Magazine - Alam semesta diciptakan berpasang-pasangan. Secara umum, alam terbentuk atas materi dan energi. Bisa dikatakan, materi adalah bentuk energi yang termampatkan. Sebagaimana konsep kesetaraan massa dan energi yang dirumuskan oleh Einstein, materi dalam kondisi tertentu dapat berubah menjadi energi, dan sebaliknya; energi dapat berubah menjadi materi.

Setiap objek berwujud yang ada dalam alam semesta, pada dasarnya tersusun atas materi-materi submikroskopik yang kita kenal dengan istilah atom, proton, dan neutron, serta dikelilingi elektron.

Pasangan materi adalah antimateri. Materi adalah objek bermassa positif, sedangkan antimateri atau antipartikel adalah objek bermassa negatif. Materi dan energi bukan berpasangan, walaupun keduanya bisa saling menjelma. Materi, jika bertemu dengan antimateri dalam kondisi tertentu, akan menjelma menjadi foton (annihilasi). Foton tidak memiliki massa, namun memiliki energi dan momentum.

Annihilasi atau proses pemusnahan terjadi ketika massa antimateri menghapus massa materi, sehingga keduanya lenyap dan menjelma menjadi 2 foton gamma dengan massa yang bernilai nol. Sebaliknya, proses penciptaan (creation) terjadi, jika foton berada pada medan tertentu maka foton akan berproses menjadi materi. Proses ini bisa berlangsung berulang-ulang seperti siklus.

Jika dihitung jarak Bumi dan Bulan sekitar 450.000 km ditempuh dengan kecepatan cahaya, maka hanya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 detik dalam ukuran waktu kita di bumi. Sesampainya di Bulan, tubuh kita kembali menjadi materi. Peristiwa ini mungkin lebih dikenal seperti teleportasi dalam teori fisika kuantum atau ilmu pindah sekejap dalam supranatural.

Bila memang kecepatan cahaya itu 300.000 km/detik mampu menembus dimensi ruang dan waktu, berarti dengan kecepatan itu pula kita bisa melihat masa depan!

Related

Science 8201271549530066209

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item