Ngeri, Saat Ini Hanya Satu Persen Air di Dunia yang Bisa Dikonsumsi

Ngeri, Saat Ini Hanya Satu Persen Air di Dunia yang Bisa Dikonsumsi

Naviri Magazine - Air merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Namun, rupanya hanya satu persen air di seluruh dunia yang dapat dikonsumsi.

Aris Yunanto, Direktur Utama PT. Energy Management Indonesia (Persero), BUMN yang bergerak di bidang konservasi energi dan air, mengatakan bahwa air yang ada di darat persentasenya hanya tiga persen. Jumlah tersebut terdiri dari air sungai, air selokan, dan air laut. 

"Tapi kita hanya bisa meminum air yang besih, tidak berbau, tidak berwarna, itu cuma ada satu persen," ujarnya dalam talkshow untuk memeringati Hari Air Dunia di Hotel All Season Thamrin.

Aris melanjutkan, fakta itu menunjukkan bahwa ketersedian air bersih semakin langka. Di sisi lain, setiap hari manusia menghabiskan setidaknya 100 liter air per orang per hari. Sebanyak dua persen dikonsumsi, dan 98 persen dihabiskan untuk mandi dan mencuci.

Namun, lanjut Aris, konsumsi air yang sangat banyak itu tidak diimbangi dengan banyaknya air yang masuk kembali ke dalam tanah, karena terhalang beton. Akibatnya, air bersih untuk konsumsi menjadi semakin langka.

Related

World's Fact 1874618010538237592

Recent

item