Sejarah Blogger, Penyedia Blog Gratisan Nomor Satu di Dunia

Sejarah Blogger, Penyedia Blog Gratisan Nomor Satu di Dunia

Naviri Magazine - Blogger, atau yang sekarang disebut Blogspot, sudah tidak asing lagi di kalangan blogger. Penyedia layanan blog gratisan ini adalah perusahaan besar yang menyaingi WordPress, sehingga bisa dibilang merupakan penyedia blog gratisan nomor satu paling laris di dunia.

Blogger sebenarnya sebuah sistem publikasi blog (blog publishing system) yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada 23 Agustus 1999, dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.

Pada Februari 2003, dikarenakan kepopulerannya, Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini menyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis.

Pada 2004, Google mengenalkan layanan baru, “Picasa”, yaitu aplikasi untuk mengorganisir dan mengedit foto digital. Layanan ini kemudian diintegrasikan dengan utility sharing foto Hello ke dalam layanan Blogger, sehingga memungkinkan pengguna Blogger untuk memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuat.

Pada 9 Mei 2004, “Blogger” mendesain ulang tampilan utamanya. Berbagai perubahan dilakukan di dalam Blogger dengan menambahkan berbagai fitur, seperti web standards-compliant template, halaman arsip individu untuk posting, komentar, dan posting menggunankan email.

Pada 14 Agustus 2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dalam “versi beta” dengan kode “invader”, bersamaan dengan rilis versi Gold. Ini membuat berpindahnya pengguna Blogger ke server Google, dan disertai dengan ditambahkannya beberapa fitur baru di dalamnya.

Pada Desember 2006, akhirnya versi terbaru Blogger tidak lagi dalam “versi beta”, dan pada Mei 2007 Blogger telah benar-benar berpindah ke server Google.

Related

Internet 1728185622279539942

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item