Sejarah dan Asal Usul Blog, Diary Online yang Mengubah Wajah Dunia

Sejarah dan Asal Usul Blog, Diary Online yang Mengubah Wajah Dunia

Naviri Magazine - Blog merupakan hasil evolusi dari diary online. Diary atau catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apa pun, dalam bentuk yang dipublikasikan secara online (menggunakan website). Salah seorang pioneer dari internet-based journalist ini adalah Justin Hall, yang membuat online diary Justin Links From The Underground, ketika dia masih pelajar di Swarthmore College.

Kala itu, blog (atau ketika itu bernama online diary) pada umumnya merupakan website berisi kumpulan link menuju halaman web lain, yang disertai komentar dan opini pemilik online diary tersebut mengenai halaman dari tujuan link. Sehingga online diary ketika itu bisa juga dikatakan sebagai katalog link berdasarkan opini pemilik.

Para diarist adalah editor yang memilih link mana yang menarik, dan menampilkan link tersebut di online diary-nya.

Pada 1997, Jorn Barger, seorang programmer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom”, menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. Jadi, logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalah blogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web, dan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya.

Hingga 1998, baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasi sebagai blog, dan ketika itu menjelajahi semua weblog masih memungkinkan untuk dilakukan.

Pada 1999, Peter Merholz menyebut istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian disebut “blogger”.

Dari titik itulah semuanya berubah. Semakin hari, semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Blogger.com merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog.

Di titik ini, blog benar-benar berubah. Bahkan definisi blog mulai bergeser.

Blog yang awalnya merupakan kumpulan link yang dikomentari oleh pemilik blog, mulai bergeser menjadi media ekspresi bebas semau pemilik blog, yang ditampilkan secara kronologis terbalik.

Dari sini, semuanya benar-benar berubah. Blog bertumbuh demikian cepat. Terlebih setelah Movable Type diluncurkan, dan Wordpress sebagai proyek kelanjutan CMS B2 dirilis ke publik sebagai blog engine.

Setelah itu, blog dan blogosphere terus berevolusi menjadi blogosphere yang kita kenal hari ini.

Related

Internet 8046872283547971633

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item