Sungai Nil, Inilah Sungai yang Paling Panjang di Dunia

Sungai Nil, Inilah Sungai yang Paling Panjang di Dunia

Naviri Magazine - Sungai paling panjang di dunia adalah sungai Nil. Sungai ini mengalir sepanjang 6.695 kilometer, berawal di danau Victoria, melintasi Uganda dan danau Tana, Ethiopia, dan berakhir di laut Mediterania.

Sebegitu panjangnya, sungai ini melewati beberapa negara, di antaranya Uganda, Sudan, Mesir, Ethiopia, Zaire, Kenya, Tanzania, Rwanda, dan Burundi.

Mengapa air laut tidak menggenangi bumi?

Air di permukaan laut terus-menerus berubah menjadi uap karena panas Matahari. Karena penguapan itulah, permukaan laut tidak berubah, sehingga airnya tidak sampai menggenangi Bumi.

Namun, ada peristiwa yang dapat menambah permukaan air laut. Jika suhu di dua kutub Bumi meningkat, lapisan salju yang menutupi kutub Bumi akan meleleh. Ketika itu terjadi, maka permukaan laut akan naik, dan hal itu bisa menyebabkan banjir besar di beberapa bagian Bumi.

Apa air terjun tertinggi di dunia?

Air terjun paling tinggi di dunia adalah air terjun Angel di Venezuela, dengan tinggi 979 meter, yang merupakan aliran sungai Rio Caroni. Dilihat dari kejauhan, air yang meluncur jatuh tampak seperti garis putih yang membelah bukit.

Related

World's Fact 80445378229164266

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item