Hati-hati, Tidur Lebih dari 8 Jam Bisa Menimbulkan Penyakit Jantung

Hati-hati, Tidur Lebih dari 8 Jam Bisa Menimbulkan Penyakit Jantung

Naviri Magazine - Berapakah jumlah atau durasi tidur yang ideal? Sebenarnya durasi tidur orang per orang tidak bisa disamaratakan, khususnya jika memandang tingkat usia. Karena kebutuhan tidur anak-anak tentu berbeda dengan kebutuhan orang dewasa. Meski begitu, secara umum, kita dianjurkan untuk tidur setidaknya 8 jam.

Waktu 8 jam dianggap sebagai waktu yang ideal untuk tidur, hingga tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup.

Studi terbaru mengungkapkan bahwa orang yang tidur delapan jam atau lebih, bisa berpotensi terkena penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah ke otak.

Studi yang dilakukan oleh Cuangshi Wang dengan judul Association of estimated sleep duration and naps with mortality and cardiovascular events: a study of 116.632 people from 21 countries, menemukan bahwa orang yang tidur total delapan hingga sembilan jam sehari memiliki risiko 5 persen lebih besar menderita jantung daripada mereka yang tidur enam hingga delapan jam.

Bahaya itu naik ke risiko 17 persen lebih tinggi bagi mereka yang tidur antara sembilan dan 10 jam sehari. Sementara mereka yang tidur lebih dari 10 jam sehari memiliki 41 persen peningkatan risiko penyakit kardiovaskular atau kematian.

Tidur dengan lebih dari delapan jam juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya risiko penyakit jantung. Faktor lain yang dapat menyebabkan penyakit jantung, dilansir dari Health Line, adalah faktor usia. Risiko penyakit jantung meningkat sekitar usia 55 tahun pada wanita dan usia 45 pria.

Related

Health 32458439015717065

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item