Tips agar Kerja Selalu Produktif dan Tubuh Selalu Sehat

Tips agar Kerja Selalu Produktif dan Tubuh Selalu Sehat

Naviri Magazine - Anda pernah mengalami radang perut, tekanan darah meningkat, atau sakit pinggang di bagian bawah? Semoga hal tersebut bukan gejala gangguan psikosomatis (penyakit fisik yang diduga disebabkan atau diperparah oleh faktor mental/kejiwaan, seperti stres dan cemas berlebihan).

Atau, Anda sering mengalami pusing kepala, pegal-pegal secara berkala, merasa berat badan meningkat dalam 1 atau dua tahun belakangan, dan juga susah tidur? Jika jawaban Anda adalah “ya”, itu tandanya Anda telah mengalami permasalahan kesehatan.

Target kerja yang “sangat menantang” atau atasan yang sangat menuntut, mungkin hal-hal yang menyebabkan pola hidup Anda berubah, dari pola hidup yang dahulu tak sehat-sehat amat menjadi buruk. Ketika hal itu terjadi, artinya alarm tubuh Anda sudah berbunyi, dan tandanya harus segera mengubah kebiasaan menjadi lebih baik dan sehat.

Sudah banyak penelitian dan publikasi ilmiah yang menyatakan bahwa hidup yang sehat (dengan makan makanan yang baik dan bernutrisi, olahraga yang cukup dan teratur, juga memiliki pola istirahat yang teratur, tingkat stres rendah, bahagia dalam menjalani hidup), memiliki hubungan yang positif atas ketersediaan energi untuk beraktivitas, kepemilikan atas fokus, dan tingkat pengambilan keputusan yang lebih baik.

Memiliki energi yang cukup dan tingkat fokus yang tinggi, setidaknya dua hal yang sangat diperlukan untuk mencapai hasil kerja yang baik dan memuaskan. Dalam melakukan aktivitas pekerjaan, sudah seharusnya pekerja professional tidak hanya mementingkan tercapainya target kinerja jangka pendek, tetapi juga keberhasilan kinerja jangka panjang.

Seorang pekerja yang baik juga seharusnya berpikir lebih holistik, bahwa banyak stakeholders (klien, kolega, teman, dan juga keluarga) yang dimiliki, berharap/bergantung atas performa yang Anda miliki.

Tentu performa baik tersebut salah satunya dihasilkan dari pola hidup yang baik dan sehat. Jika Anda sakit dan tidak produktif, Anda pula (juga para stakeholders) yang akan merasakan dampak buruk tersebut.

Berprestasi dalam bekerja jelas penting, tapi lebih penting lagi jika kita dapat mempertahankan prestasi kerja tersebut secara konsisten dalam jangka waktu yang lebih panjang. Maka mengusahakan keseimbangan pola hidup-bekerja menjadi salah satu faktor penting untuk mewujudkan hal tersebut.

Related

Tips 3649474796779240964

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item