Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat agar Terhindar dari Cedera

Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat agar Terhindar dari Cedera

Naviri Magazine - Terkilir, cedera, hingga timbul rasa pegal dan nyeri pada kaki setelah berolahraga, adalah hal yang cukup sering dialami orang yang berolahraga.

Kondisi tersebut bisa disebabkan karena beberapa hal, salah satunya akibat salah memilih sepatu olahraga.

"Terkadang ada orang yang berolahraga mudah mengalami kelelahan, hal tersebut bukan semata-mata karena kita sudah lama tidak berolahraga. Bisa jadi hal tersebut terjadi karena sepatu yang dipakai tidak tepat," ujar Syukri Azman, Product Trainer Under Armour Southeast Asia, Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan, pada acara peluncuran koleksi terbaru Under Armour Rush & Recovery.

Karena itu, Syukri Azman pun memaparkan tiga hal yang perlu diperhatikan saat membeli sepatu olahraga, agar terhindar dari cedera. Apa saja?

Ukuran yang tepat

Ketika membeli sepatu, banyak orang hanya memastikan bagian depan sepatu memiliki ruang cukup untuk bergerak. Padahal untuk mendapatkan sepatu dengan ukuran tepat, tidak semata-mata dari kriteria itu saja.

Idealnya, Anda harus memastikan ada jarak setidaknya satu jari, yang bisa diukur dengan menyelipkan jari ke dalam sepatu ketika memakainya. Alhasil, Anda akan mendapatkan sepatu yang tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat.

Syukri menekankan untuk benar-benar memilih sepatu dengan ukuran yang sesuai. "Kalau terlalu longgar, kaki akan bergerak di dalam, dan berisiko cedera. Tapi kalau terlalu ketat, akan menghambat pembuluh darah juga," ujar Syukri.

Perhatikan jenis cushion (bantalan sepatu)

Menurut pemaparan Syukri, banyak orang cenderung hanya melihat desain sepatu, dan mengabaikan kenyamanan cushion (bantalan) sepatu. Faktanya, bagian itu sangat penting untuk menunjang performa saat berolahraga.

Sebagai contoh, untuk olahraga lari, semakin lembut bantalan sepatu akan semakin baik. Lain halnya dengan latihan di gym, dibutuhkan sepatu dengan bantalan yang keras sehingga tubuh mendapat dukungan yang cukup ketika mengangkat beban.

"Kadang ketika mencoba produk, banyak yang katakan, 'kok bantalannya keras banget?' Mereka tidak sadar bahwa cushioning yang keras membantu kita mengurangi risiko cedera lutut saat nge-gym," ungkapnya.

Teknologi yang ada dalam produk

Menurut Syukri, setiap brand dan jenis sepatu memiliki teknologi berbeda-beda, oleh karena itu Anda harus memilih sesuai kebutuhan.

"Bantalan dan teknologi produk itu penting. Tapi banyak orang tidak paham, hanya lihat tampilannya yang bagus," ujar Syukri.

Kemudian, penting juga untuk memastikan ikatan tali sepatu cukup kuat untuk digunakan. Menurutnya, banyak yang hanya fokus pada bagian depan sepatu, dan mengabaikan bagian tali sepatu. Padahal, dukungan pada bagian tengah kaki sangat penting, terutama jika menggunakannya untuk lari jarak jauh.

Related

Tips 7533584675818258498

Recent

item