Ada Lovelace, Programmer Komputer Wanita Pertama di Dunia

Ada Lovelace, Programmer Komputer Wanita Pertama di Dunia

Naviri Magazine - Teknologi komputer sekarang begitu canggih dan menjadi hal fundamental di banyak bidang. Termasuk juga bahasa pemrograman yang makin berkembang sehingga memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaan.

Percaya atau tidak, semua teknologi ini awalnya hasil pemikiran seorang wanita cantik bernama Ada Lovelave. Wanita asal Inggris ini dikatakan sebagai penemu komputer mekanik pertama.

Ada Lovelace adalah matematikawan asal Inggris, yang kesehariannya sama sekali tak berbeda dengan wanita normal pada umumnya. Namun kesukaannya kepada hal-hal logis yang terstruktur, membawanya menjadi salah satu penemu terhebat dalam sejarah manusia.

Tak hanya berhasil menemukan komputer mekanis, Ada Lovelace adalah wanita pertama yang melakukan perhitungan algoritma untuk dipergunakan di dalam mesin. Dunia menyebutnya sebagai programmer pertama di dunia.

Karyanya menginspirasi para profesor dalam penciptaan bahasa pemrograman kompleks yang ada sekarang. Termasuk juga evolusi hardware dan software yang asalnya adalah buah karya Ada Lovelace. Sayangnya, wanita hebat ini tidak berumur panjang. Ia meninggal di usia yang juga masih sangat produktif, yakni 36 tahun.

Related

Science 753659761581252340

Recent

item