Cyberbullying dan Pentingnya Pendidikan Berinternet untuk Anak

Cyberbullying dan Pentingnya Pendidikan Berinternet untuk Anak

Naviri Magazine - Dalam sebuah penelitan di Kanada beberapa waktu lalu, ditemukan bahwa seperempat orang tua yang disurvei (26 persen) mengatakan bahwa anak mereka telah terlibat dalam insiden cyberbullying. 66 persen di antaranya mengatakan bahwa anak mereka menjadi korban, 16 persen mengaku anak mereka pelakunya, dan 18 persen mengatakan anak mereka menjadi saksi insiden semacam itu.

Survei juga menemukan bahwa anak perempuan lebih sering terlibat dalam insiden cyberbullying daripada laki-laki. Angkanya cukup mengejutkan, 86 persen orang tua mengaku anak perempuannya telah menjadi korban, sementara 55 persen yang mengaku anak laki-lakinya jadi korban.

Selain itu, 32 persen dari orang tua menyatakan mereka tidak sepenuhnya tahu apa yang anak mereka lakukan di internet. Lebih dari 50 persen orang tua mengklaim telah menggunakan peranti lunak untuk memonitor penggunaan internet oleh anak-anak mereka. Privasi untuk anak hampir tidak ada; 42 persen orang tua menyatakan memeriksa dan mengecek sejarah peramban anak-anak mereka, untuk memeriksa apa yang dicari di internet.

Hampir setengah (43 persen) responden orang tua menyatakan tidak keberatan anak-anak mereka yang berusia 8-12 tahun memiliki akun di jejaring sosial, selama di bawah pengawasan orang tuanya. Padahal, usia minimum untuk memiliki akun jejaring sosial rata-rata adalah di atas 13 tahun. Facebook misalnya, mengadopsi aturan ini.

Temani dan dampingi remaja serta anak-anak kita yang menggunakan media sosial, jangan sampai mereka diperdaya orang-orang tak bertanggung jawab. Jangan jadi satpam bagi mereka, jadilah teman bagi mereka. Ajak mereka mendiskusikan perilaku mereka di media sosial, sehingga tahu apa yang pantas dan tak pantas dilakukan.

Related

Parenting 5942473702592260775

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item