Perlu Tahu, Ternyata Ada Hewan Seaneh Ini di Indonesia

Perlu Tahu, Ternyata Ada Hewan Seaneh Ini di Indonesia

Naviri Magazine - Soa Payung/Frilled Lizard atau kadal berjumbai yang merupakan kadal berukuran sedang, yang hidup di hutan Papua dan juga utara Australia. Nama kadal berjumbai atau soa payung didapatkan dari kulit kasar yang ada di sekitar leher dan kepalanya, yang bisa mengembang seperti payung apabila hewan ini akan melakukan intimidasi, membela diri, dan berburu.

Soa payung, yang bernama Latin Chlamydosaurus kingii, merupakan kadal arboreal yang menghabiskan banyak waktunya di pepohonan. Soa payung merupakan hewan insectivora, yang biasa memakan serangga. Diet alaminya adalah jangkrik, kumbang, dan rayap.

Soa payung mirip Dilophosaurus, yang merupakan hewan prasejarah yang berarti kadal bermahkota dua. Pada bentuk fosilnya belum ditemukan bukti dilophosaurus mempunyai jumbai di sekitar kepalanya.

Namun penggambaran kreatif dalam film Jurassic Park menunjukkan bahwa dilophosaurus mempunyai jumbai seperti soa payung, dan dapat mengeluarkan cairan lengket yang disemburkan ke lawannya.

Terlepas dari benar tidaknya, dengan kita melihat soa payung saja seakan sudah bertemu dinosaurus yang asli.

Related

Science 2649126556167134963

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item