Horseshoe Crab, Satu-satunya Hewan Prasejarah yang Masih Hidup

Horseshoe Crab, Satu-satunya Hewan Prasejarah yang Masih Hidup

Naviri Magazine - Banyak dari kita yang mengenal hewan ini dengan sebutan mimi. Hewan ini sering berada di pinggir pantai, terutama pantai payau yang berlumpur, atau habitat mangrove di Indonesia.

Mimi, atau yang juga disebut Belangkas, merupakan hewan prasejarah yang telah ada sejak Zaman Cambrian, yaitu zaman awal adanya makhluk hidup sekitar 540 juta tahun yang lalu, dan merupakan satu-satunya bangsa Xiphorusida yang masih selamat di muka bumi.

Fosil terbaru menunjukkan bahwa mimi adalah hewan yang lebih tua dari trilobite. Biasanya, hewan berkaki 10 ini mencari makan di dasar laut, berupa cacing, molusca, crstacea, dan ikan kecil.

Esktrak plasma darah (haemocyte lysate) dari hewan ini banyak digunakan dalam kajian biomedis dan lingkungan. Di Amerika serikat, Cina, dan Jepang, ekstrak darah ini digunakan sebagai bahan pengujian endotoksin, serta untuk mendiagnosis penyakit meningitis dan gonorea.

Related

Science 4439937156348105273

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item