Inilah Rayap Paling Ganas dan Mengerikan di Dunia

  Inilah Rayap Paling Ganas dan Mengerikan di Dunia

Naviri Magazine - Di antara semua rayap, Termes panamensis atau rayap Panama dianggap sebagai rayap paling ganas di dunia, karena memiliki rekor gigitan paling cepat di antara semua hewan yang ada di dunia. Rahang hewan kecil itu sanggup menggigit mangsa dengan kecepatan hingga 70 sentimeter per detik.

Untuk bisa merekam gerakan yang sangat cepat itu, para peneliti harus menggunakan kamera dengan kemampuan merekam gambar 40.000 frame per detik. Rayap Panama menggigit mangsa dengan menggunakan sepasang capit di rahangnya, yang disebut mandible.

Marc Seid dari Institut Riset Tropis Smithsonian, yang meneliti rayap tersebut, menyatakan, “Banyak serangga yang bergerak lebih cepat daripada kemampuan mata manusia untuk melihat, jadi kami tahu kalau butuh kamera kecepatan tinggi untuk merekam perilakunya.”

Meski demikian, ia mengaku tak menyangka rayap Panama memiliki gigitan secepat itu.

Dengan gigitannya yang sangat cepat, rayap Panama diperkirakan dapat membinasakan mangsanya dalam sekali serang. Gigitan yang cepat juga menjadi alat pertahanan diri karena—mengingat ukuran tubuhnya yang kecil—rayap Panama harus mencari cara menghasilkan energi yang besar untuk melawan musuhnya.

Capit yang besar dan serangan yang cepat efektif untuk pertarungan jarak dekat. Hal itu sering dilakukannya dengan musuh-musuhnya, karena rayap lebih banyak berkeliaran di gorong-gorong yang sempit dan tak cukup banyak ruang bergerak.

Related

Science 4309025727158777413

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item