Instagram Hapus Akun yang Sering Repost Meme dan Video Lucu

Instagram Hapus Akun yang Sering Repost Meme dan Video Lucu

Naviri Magazine - Aplikasi berbagi foto dan video Instagram sedang sibuk melakukan bersih-bersih platform dari akun yang kerap melakukan plagiat. Akun yang jadi target adalah mereka yang suka melakukan posting ulang sebuah konten dari akun lain, tanpa mencantumkan kredit.

Langkah berani Instagram itu telah dilakukan dengan memblokir sejumlah akun yang terbukti telah melakukan plagiat. Salah seorang yang telah merasakannya adalah Ben, pemilik akun ‘kurator’ meme lucu bernama @spicym4, yang punya lebih dari 500 ribu follower. Pada 26 Juli, Ben mengaku tidak bisa log in ke lima dari delapan akun Instagram yang dikelolanya.

Selain punya akun itu, remaja berusia 15 tahun ini juga memiliki beberapa akun komedi populer, di antaranya adalah @bnjee dan @memeextraordinaire, masing-masing memiliki lebih dari 20.000 pengikut. Akun @spicy4 diakui Ben menjadi sumber penghasilan terbesar, dan dia mengklaim selalu menyertakan kredit jika melakukan repost konten.

“Saya juga selalu memastikan untuk mencantumkan kredit pada semua konten, karena saya sendiri dulu juga seorang kreator konten, dan saya tahu bagaimana frustrasinya jika tidak dikredit,” ujarnya, seperti dilansir The New York Post.

Kini, ia harus kehilangan penghasilan yang mencapai 4.000 dolar AS sebulan. Uang itu ia dapatkan dari jasa mempromosikan produk atau jasa di akun-akun Instagram yang ia kelola.

Ben menyadari bahwa yang ia lakukan memang tidak akan bertahan selamanya. Namun, dengan uang itu ia bisa menabung, dan kini ia harus mencari sumber penghasilan lainnya.

“Saya tidak punya pekerjaan lain, karena Instagram bisa membayar saya dalam satu minggu sebesar gaji bulanan dari pekerjaan saya yang sebenarnya,” kata Ben yang nama lengkapnya dirahasiakan, seperti dilansir MarketWatch.

Ben bukan satu-satunya pengelola akun yang terkena blokir oleh Instagam, karena dinilai terbukti melakukan plagiat. Sejak Juli 2019, Instagram memblokir lebih dari 30 akun populer yang posting ulang meme dan video lucu. Beberapa dari akun itu memiliki jutaan follower.

Salah satu pemilik akun ‘plagiat’ bernama Elliot Trebele, menjadi salah satu yang tersandung masalah karena mencuri konten orang lain tanpa izin dan keterangan pemilik. Ia juga dituduh melakukan jual beli akun, dan upaya mendapatkan nama pengguna dengan cara ilegal.

Aksi bersih-bersih Instagram ini tentu menguntungkan banyak pihak, terutama para kreator orisinal yang telah bersusah payah membuat konten.

Di Indonesia, praktik plagiat konten juga lazim terjadi. Banyak akun yang melakukan posting ulang konten yang sedang viral, namun belum mendapat izin dari pemilik konten. Beberapa akun lain mengambil konten lucu yang viral di Twitter untuk kemudian di-posting ulang di Instagram.

Ben dan beberapa pemiliki akun lain yang dituding plagiat oleh Instagram kemudian membuat petisi agar platform mengembalikan akunnya. Petisinya berjudul "Bring Back Our Meme Accounts and Have Instagram Fix Their App" di Change.org, sudah ditandatangani lebih dari 5.700 pengguna, dengan target 7.500 tanda tangan.

Petisi Ben dan teman-temannya sepertinya tidak digubris oleh Instagram. Perusahaan itu dengan jelas mengatakan pemblokiran sudah tidak bisa diganggu gugat.

"Akun ini dinonaktifkan setelah melanggar beberapa kebijakan kami, termasuk upaya penyalahgunaan proses internal kami," ujar juru bicara Instagram, saat merespons soal pemblokiran akun meme, seperti dikutp MarketWatch.

Meski akunnya sudah ditutup karena alasan jelas, Ben masih merasa yang ia lakukan di Instagram tidak merugikan pihak mana pun.

“Saya tidak mendapatkan penjelasan dari Instagram sama sekali,” ujarnya. “Saya sudah menghubungi berkali-kali, dan tidak mendapatkan jawaban dari pihak Instagram yang benar-benar manusia, karena itu semua hanya bot.”

Related

News 8326257745641653602

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item