Jack Andraka, Remaja Hebat yang Menciptakan Detektor Kanker

Jack Andraka, Remaja Hebat yang Menciptakan Detektor Kanker

Naviri Magazine - Lebih dari 85 persen pasien penderita kanker pankreas terlambat didiagnosis, dan saat diagnosis diputuskan kebanyakan dari mereka tinggal memiliki beberapa persen kesempatan hidup.

Berangkat dari pemikiran itu, Jack Andraka, seorang murid SMA berusia lima belas tahun, mencoba membuat teknologi yang memungkinkan kanker pankreas dideteksi sejak dini.

Jack meyakinkan seorang peneliti kanker terkemuka untuk membiarkan dia menggunakan laboratorium miliknya untuk mengembangkan teorinya tentang deteksi kanker pankreas. Jack kemudian benar-benar berhasil menyelesaikan penelitiannya dengan hasil memuaskan.

Penelitian itu masih harus menjalani serangkaian uji coba. Tetapi pada akhirnya detektor kanker milik Jack berhasil menarik perhatian industri bioteknologi dunia.

Temuan Jack menarik perhatian dunia internasional pada tahun 2011. Lebih mengejutkan lagi, karena penemuan sepenting itu ditemukan bukan oleh penelitian terkemuka dunia, tetapi oleh seorang remaja yang bahkan belum cukup umur.

Jack bersama temuannya berhasil mengalahkan 1.500 kontestan dalam Intel International Science Fair. Pemuda yang mengklaim dirinya sebagai pecandu ilmu itu berhasil menggondol hadiah utama sebesar 100.000 dolar.

Related

Science 1745598600732911079

Recent

item