Ternyata, Kamera Tilang Elektronik Mampu Mengurangi Kecelakaan

Ternyata, Kamera Tilang Elektronik Mampu Mengurangi Kecelakaan

Naviri Magazine - Kamera tilang elektronik sekarang telah dipasang di banyak negara, termasuk di Indonesia. Dengan tilang elektronik, petugas kepolisian tidak lagi harus memelototi para pengendara di jalan raya, tapi cukup memantau layar kamera. Seberapa efektifkah kamera ini dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas dan mengurangi kecelakaan di jalan raya?

Salah satu kota yang telah menerapkan teknologi canggih pada kamera pengawas jalan raya adalah New York, Amerika Serikat. Laman New York Times menyebutkan, dari tahun 2012 sampai 2016 angka kecelakaan di area sekitar terpasangnya kamera telah menurun 15 persen.

Selama periode itu, angka kematian turun rata-rata 55 persen dan cidera parah turun 17 persen. Ke depan, rencananya kamera ini akan terus ditambah jumlahnya, hingga lebih dari 2.000 kamera.

Hasil penelitian yang dilakukan London School of Economics and Political Science (LSE) juga menunjukkan hal serupa. Pada periode 1992 hingga 2016, kamera pengawas di jalan dapat mengurangi kecelakaan antara 17 sampai 39 persen, dan kematian antara 58 hingga 68 persen dalam jarak 500 meter dari kamera.

Studi yang dilakukan Cheng Keat Tang, peneliti dari Departemen Geografi dan Lingkungan di LSE, menganalisis tabrakan saat sebelum dan sesudah kamera dipasang di 2.500 lokasi di Inggris, Skotlandia, dan Wales. Studi ini mengacu pada informasi yang dikumpulkan Departemen Transportasi dan dewan lokal di Inggris.

Dalam tulisannya, ia mengatakan, menambah 1.000 kamera di jalanan Inggris dapat menyelamatkan 190 nyawa setiap tahun. Selain itu, kamera-kamera ini juga mengurangi hingga 1.300 tabrakan dan 330 cidera serius.

"Studi ini dengan jelas menunjukkan bahwa kamera tilang mengurangi jumlah dan tingkat kecelakaan di jalan. Mengingat banyaknya kecelakaan fatal yang terjadi di jalan setiap tahun, pengenalan lebih banyak kamera dapat menyelamatkan ratusan nyawa setiap tahun dan membuat jalan lebih aman bagi pengguna,” imbuh Tang.

Related

Technology 2108661814078514482

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item