Kisah 5 Pria yang Menceraikan Istri Lewat SMS dan WhatsApp

Kisah 5 Pria yang Menceraikan Istri Lewat SMS dan WhatsApp

Naviri Magazine - Pernikahan memang tidak terjamin langgeng hingga sepasang suami istri berpisah semata karena kematian. Ada kalanya, pernikahan kandas di tengah jalan dan berakhir perceraian, apa pun alasan dan latar belakangnya.

Perceraian memang diperbolehkan, meski tentu harus dilakukan dengan baik, sebagaimana saat melakukan pernikahan. Sayangnya, ada beberapa orang yang menceraikan pasangan dengan cara kurang baik, semisal lewat SMS atau WhatsApp. Lima pria berikut ini di antaranya.

Politikus Pakistan yang ceraikan istri lewat SMS

Politikus Pakistan, Imran Khan, menceraikan istri keduanya melalui pesan singkat berisi tiga kali talak. The Australian melaporkan, mantan pemain kriket yang menjabat ketua Partai Thereek-e-Insaf (PTI) berusia itu menceraikan Reham Khan, 42 tahun, mantan presenter cuaca di stasiun televisi BBC, setelah menikahinya selama sepuluh bulan.

Reham menerima pesan singkat itu ketika baru keluar pesawat di Bandara Birmingham, Inggris. Sebelumnya, pasangan itu sudah sering cekcok, termasuk ketidaksukaan Reham terhadap anjing suaminya, yang sering dibiarkan masuk ke kamar.

Sudah ceraikan istri lewat SMS, pria ini berubah pikiran

Pengadilan di Dubai, Uni Emirat Arab, pernah menangani kasus perceraian lewat pesan singkat. Kasus perceraian lewat SMS ini jadi yang pertama di Uni Emirat Arab. Koran The Gulf News melaporkan, pasangan suami istri itu mendatangi pengadilan untuk menanyakan apakah mereka benar-benar telah bercerai setelah sang suami mengirimkan pesan singkat berisi kata cerai kepada istrinya.

"Mengapa kamu telat datang? Kamu saya ceraikan," ujar sang suami kepada istrinya dalam sebuah pesan singkat, seperti dikutip stasiun televisi ABC News.

Menurut syariat Islam, seorang suami bisa menceraikan istrinya jika sudah mengatakan talak sebanyak tiga kali. Abdel Salam Muhammad Darwish, penasihat dalam lembaga Kerukunan Keluarga, mengatakan pernyataan cerai sang suami itu sah, tapi dia kemudian berubah pikiran dan tak jadi menceraikan istrinya.

Mengaku berjihad, lelaki Saudi ceraikan istri lewat SMS

Pengadilan di Kota Jeddah, Arab Saudi, pada 2009 lalu mengabulkan permohonan cerai lewat pesan singkat (SMS) buat pertama kalinya. Koran the Telegraph melaporkan, pria yang menceraikan istrinya itu sedang berada di Irak, lalu mengirimkan SMS kepada istrinya, berisi talak tiga kali.

Dia kemudian menelepon dua anggota keluarganya untuk mengabarkan perceraian itu. Menurut Arab News, pria itu mengaku sedang melaksanakan 'jihad' di Irak. Sejumlah warga Saudi diketahui ikut bergabung dengan militan Al Qaidah, untuk memerangi pemerintah Irak dan pasukan Amerika Serikat.

Mengirim pernyataan talak ke istri lewat WhatsApp

Seorang perempuan 21 tahun melaporkan suaminya kepada Komisi Perlindungan Perempuan India, karena diceraikan hanya lewat aplikasi WhatsApp.

The India Express melaporkan, wanita itu bercerita baru 10 hari menikah. Pesta di rumah belum sepenuhnya usai, suaminya langsung berangkat bekerja ke Dubai, Uni Emirat Arab. Lebih mengejutkan lagi, kendati tak merasakan bulan madu, lelaki itu justru mengirim pernyataan talak lewat pesan singkat di WA, setibanya di Dubai.

"Pria itu mengatakan sudah bosan melihat istri yang baru dinikahinya, mengibaratkan seseorang pasti tidak suka jika harus makan buah apel setiap hari," kata anggota Komisi Perempuan India, Prameela Devi, menirukan laporan korban.

Wanita yang tak disebut namanya itu menuntut suaminya pulang, jika memang punya nyali menceraikannya. Dia meminta Komisi Perempuan bisa bekerja sama dengan Departemen Tenaga Kerja untuk melacak tempat kerja suaminya di Dubai.

Pria yang menceraikan istrinya yang diperkosa lewat SMS

Perempuan 25 tahun asal India mengatakan suaminya menceraikan dia lewat pesan singkat (SMS) setelah dia mengaku diperkosa oleh tetangga. Koran the Daily Mail melaporkan, perempuan itu mengaku suaminya mengirimkan pesan singkat berisi talak sebanyak tiga kali. Suaminya adalah seorang pekerja konstruksi di Dubai.

Menurut syariat Islam, seorang pria bisa menceraikan istrinya lewat kata talak sebanyak tiga kali. Tak lama setelah diceraikan, dia diusir dari rumah tempat dia tinggal bersama mertuanya. Anaknya yang berusia empat tahun kini dirawat oleh mertuanya.

"Ketika saya baca SMS itu, saya langsung mati rasa. Saya tidak percaya apa yang saya baca. Hanya tiga kata; talak, talak, talak," kata dia. Pernikahannya selama lima tahun berakhir tragis dengan kiriman SMS dari suaminya.

Related

World's Fact 1889827953589822021

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item