Kisah Nabi Sulaiman, Manusia Paling Kaya Sepanjang Sejarah

Kisah Nabi Sulaiman, Manusia Paling Kaya Sepanjang Sejarah

Naviri Magazine - Nabi Sulaiman AS adalah putra Nabi Daud AS. Setelah Nabi Daud AS wafat, Nabi Sulaiman AS menggantikannya sebagai Raja. Mukjizatnya yang paling terkenal adalah diberi keistimewaan oleh Allah SWT untuk dapat memerintah bukan hanya kepada manusia, melainkan juga kepada hewan, angin, dan jin.

Nabi Sulaiman dapat menjadikan angin bertiup atas perintahnya, ke tempat yang ia kehendaki.

Allah pun menundukkan jin-jin untuk melayani Sulaiman. Di antara mereka ada yang bisa membangun istana dan benteng-benteng, ada yang bertugas menyelam di laut untuk mengeluarkan mutiara dan batu-batu mulia, sebagaimana Allah memberi kekuasaan pada Sulaiman atas jin-jin yang kafir, sehingga ia mampu mengikat mereka untuk mencegah kejahatan mereka.

Allah SWT juga memberinya mukjizat berupa kemampuan mengerti bahasa binatang.

Kearifan Nabi Sulaiman sebagai hakim

Pada suatu malam, sekelompok kambing memasuki kebun seseorang tanpa sepengetahuan penggembalanya, hingga rusaklah tanaman di kebun itu. Pemilik kebun kemudian datang mengadu kepada hakim Daud AS.

"Wahai Nabi Allah, sesungguhnya kami telah membajak tanah kami dan menanaminya, serta memeliharanya. Tapi ketika tiba waktu panen, datanglah kambing orang ini pada suatu malam, dan memakan tanaman di kebun kami hingga habis seluruhnya."

"Benarkah apa yang dikatakan oleh mereka ini?" tanya Daud.

"Ya," jawab mereka.

Kemudian, Daud bertanya tentang harga tanaman dari orang yang satu, dan harga kambing dari orang yang lain. Ketika mengetahui harga keduanya hampir sama, maka ia pun berkata kepada pemilik kambing, "Berikanlah kambingmu kepada pemilik tanaman, sebagai ganti rugi bagi mereka atas binasanya tanaman mereka."

Namun putra Nabi Daud, Sulaiman, yang hadir menyaksikan pengadilan itu, memberikan usul lain, "Saya mempunyai pendapat yang berbeda dalam perkara ini. Menurut saya, pemilik kambing sebaiknya memberikan kambingnya kepada pemilik tanaman, dan membiarkannya mengambil manfaatnya berupa bulu wol, susu, dan anak-anak kambing tersebut.

Sementara pemilik kambing mengambil alih tanaman yang telah rusak itu, menanaminya kembali, dan mengairi serta memeliharanya, hingga tumbuh tanamannya. Apabila telah tiba waktu panen, ia harus menyerahkan hasil tanaman itu kepada pemiliknya, dan menerima kembali kambing mereka. Dengan demikian, semua pihak akan mendapatkan keuntungan dan manfaat."

Semua pihak pun menyetujui usul itu. Berkatalah Daud pada putranya, "Engkau telah memutuskan hukum dengan tepat, Anakku." Dan ia pun berfatwa seperti apa yang diputuskan oleh Sulaiman. Kisah ini diceritakan dalam Al-Qur'an, surat Al-Anbiyâ': 78-79.

Wafatnya Nabi Sulaiman AS

Hampir tak seorang pun mengetahui saat kematian Nabi Sulaiman, baik dari golongan jin maupun manusia. Kematian Nabi Sulaiman AS baru diketahui setelah tongkat yang digunakannya bersandar rapuh dimakan rayap, dan beliau jatuh tersungkur ke lantai.

Doa Nabi Sulaiman telah dikabulkan Allah, yaitu tidak ada seorang pun yang memiliki kerajaan besar dan kaya raya seperti kerajaannya. Namun, meskipun kaya raya dan berkuasa, Nabi Sulaiman tetap patuh dan tunduk pada perintah Allah SWT.

Kisah Nabi Sulaiman AS terdapat dalam Al-Quran, surat An-Naml: 15-44, dan Saba': 12-14.

Baca lanjutannya: Kisah Nabi Sulaiman Berjumpa dengan Ratu Bilqis dari Negeri Saba

Related

Moslem World 3577113628505599940

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item