Kisah Sepasang Keledai Pembawa Buku Perpustakaan di Kolombia

Kisah Sepasang Keledai Pembawa Buku Perpustakaan di Kolombia

Naviri Magazine - Konsep perpustakaan ini adalah mengantarkan sumber bacaan kepada pembaca melalui keledai. Perpustakaan yang diberi nama Biblioburro ini digagas oleh Luis Soriano, seorang guru sekolah dasar di La Gloria, Kolombia.

Karena daerah tempatnya mengajar memiliki infrastruktur yang tidak memadai, akibatnya anak-anak tidak punya akses terhadap berbagai bacaan. Karena itulah Soriano memutuskan untuk membawakan buku-buku kepada anak-anak tersebut.

Dalam menjalankan program Biblioburro, Soriano dibantu oleh kedua keledai miliknya, Alfa dan Beto. Biasanya, sebelum berangkat, pak guru ini memenuhi kantong yang disampirkan di punggung Alfa dan Beto dengan buku, kemudian ia melakukan perjalanan hingga empat jam untuk mengunjungi anak-anak di desa-desa sekitar.

Sesampainya di sana, Soriano lantas membacakan buku kepada anak-anak, meminjamkan koleksi bukunya, bahkan membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah.

Kepada CNN, Soriano mengatakan kalau ia mendapatkan ide perpustakaan keledai tersebut pada tahun 1990. Ia hanya ingin mengaryakan keledai-keledainya yang menganggur di rumah. Tetapi berkat dedikasinya, sejauh ini sekitar 4.000 anak di daerahnya jadi melek huruf.

Related

World's Fact 4237297146376693169

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item